Topik Terkait: Penyucian Diri

  • Pesta Fitrah, Proses Penyucian dan Kemenangan Melawan Diri Sendiri
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 19:24 WIB
    Mereka yang tak kembali ke fitri hanya meraih hebatnya kegelapan yang diyakini kebajikan. Mereka deklarasikan kemaslahatan yang sebenarnya justru khancuran.
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Jelang Pergantian Tahun, Lakukan 4 Hal ini Sebagai Muhasabah Diri
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 20:57 WIB
    Saat ini kita berada di akhir 2023 yang sebentar lagi akan memasuki Tahun Baru 2024. Momentum ini hendaknya dijadikan sebagai Muhasabah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Meruqyah Diri Sendiri dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Ruqyah seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • Anjuran Muhasabah Diri Setiap Hari dan Cara Melakukannya
    Tips
    Selasa, 24 Mei 2022 - 17:40 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan setiap hamba-Nya untuk selalu bertakwa, caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari. Merenungi bahwa Allah Taala tidaklah menciptakan manusia tanpa ada tujuan.
  • 3 Tahapan Memperbaiki Diri, Nomor Terakhir Lingkungan Pergaulan Ikut Menentukan
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa cara untuk memperbaiki hidup. Cara tersebut sebagai bentuk ikhtiar kita untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab Allah Taala juga tidak akan mengubah kondisi hamba-Nya hingga ia berusaha mengubah dirinya sendiri.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (3-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Ayat-ayat Al-Quran tentang Anjuran Muhasabah Diri
    Muslimah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk selalu mawas diri dan menjauhi larangan-laranganNya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Idulfitri: Proses Penyucian Diri dalam Bentuk Kejernihan Berpikir
    Tausyiah
    Jum'at, 21 April 2023 - 13:31 WIB
    Penyucian diri adalah suatu upaya yang sangat ditentukan oleh akhlak, etika sosial dari seorang individu. Artinya, tiap seorang muslim memiliki peran besar dalam melakukan aktualisasi moral dan perannya di masyarakat.
  • Kesempatan Muhasabah Diri di Waktu Akhir Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 14:22 WIB
    Ada kekhawatiran yang sangat ketika Ramadhan yang akan usai, namun amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala. Bagaimana bila hal ini terjadi?
  • Surat Yasin Ayat 45-46: Pentingnya Introspeksi Diri untuk Menatap Masa Depan
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 07:50 WIB
    Surat Yasin ayat 45-46 membicarakan tentang bagaimana al-Quran mengajarkan manusia untuk selalu introspeksi diri melalui dua hal untuk menatap masa depan.
  • Habib Geys Assegaf: Depresi karena Kurang Iman, Ini Obatnya
    Tausyiah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 20:38 WIB
    Dai lulusan Universitas Al-Azhar Mesir, Al-Habib Geys Bin Abdurrahman Assegaf menyampaikan nasihat indah dalam satu kajian spesial di Masjid Agung Sunda Kelapa Menteng, Jakarta Pusat.
  • Inilah Perawatan Diri Muslimah yang Disunnahkan
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 18:06 WIB
    Salah satu perawatan kecantikan pada unsur jasmani ini, ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan kaum muslimah untuk menjaga kecantikan raga dan jasmaninya
  • Mengapa Banyak Berzikir Tetapi Dekat dengan Setan? Ini Sebabnya
    Tausyiah
    Kamis, 01 April 2021 - 14:13 WIB
    Ada orang banyak berzikir tapi malah semakin dengan setan. Mengapa bisa demikian? Mari kita simak penjelasan Hujjatul Islam Imam Al-Ghozali berikut.
  • Inilah Cara Melihat Aib Diri Sendiri
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 09:00 WIB
    Setiap manusia, pasti memiliki kekurangan, aib, cacat, dan cela. Maka sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja, niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain.
  • Jauhi Pesta Malam Tahun Baru, Saatnya Muhasabah dan Perbaiki Diri
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Pesta malam tahun baru bukanlah tradisi Islam. Seorang muslim hendaknya menyikapi pergantian tahun baru dengan cara yang bijak yaitu memperbanyak muhasabah dan memperbaiki diri.
  • Pengetahuan tentang Diri yang Sebenarnya Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 13:58 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain.
  • Beginilah Tata Cara Meruqyah untuk Diri Sendiri Sesuai Syariat
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:36 WIB
    Ruqyah bukan merupakan pengobatan alternatif, namun salah satu metode pengobatan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Karenanya, sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • Pentingnya Rasa Percaya Diri dan Dalilnya dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 10:53 WIB
    Dalam Islam, ternyata sangat penting seorang muslim itu mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang yang bertakwa
  • Islam Menganjurkan Umatnya Percaya Diri, Ini Dalilnya!
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 09:48 WIB
    Dalam Islam, seorang muslim dianjurkan mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang bertakwa.