Kumpulan Artikel: Bulan

  • Hadis tentang Anjuran Menikah di Bulan Syawal
    Hikmah
    Rabu, 24 April 2024 - 11:56 WIB
    Bulan Syawal menjadi bulan yang dianjurkan untuk menikah karena Rasulullah SAW sendiri menikah dengan Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah radhiyallahu anhu pada bulan tersebut.
  • Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Syawal dan Sejarahnya
    Tips
    Selasa, 23 April 2024 - 09:44 WIB
    Bacaan niat puasa ayyamul bidh (pertengahan bulan tanggal 13,14 dan 15 Hijiriah) penting diketahui kaum muslim. Di bulan Syawal ini, puasa Ayyamul bidh ini jatuh pada tanggal 22, 23 dan 24 April 2024.
  • Bolehkah Puasa Syawal Kurang dari 6 Hari? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 22 April 2024 - 05:15 WIB
    Setelah menjalani puasa sebulan penuh di Ramadan serta melewati Idulfitri, sebagian umat Muslim biasa melaksanakan puasa Syawal. Amalan sunnah ini bisa dikerjakan sejak tanggal 2 Syawal atau setelah Idulfitri.
  • Peristiwa Bulan Syawal: Nabi Muhammad SAW Menikahi Ummu Salamah
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 05:15 WIB
    Pada bulan Syawal tahun ke-4 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menikahi Ummu Salamah, janda yang lahir 24 tahun sebelum hijrah dan wafat pada tahun 61 H.
  • Sedekah Laut: Tradisi Syawalan dan Kupatan di Pesisir Jawa
    Dunia Islam
    Selasa, 16 April 2024 - 05:15 WIB
    Tradisi ini biasa dilakukan masyarakat pesisir Jawa misalnya di wilayah-wilayah pantai di Cilacap, Tegal, Pekalongan, Batang, Weleri, Kendal, Kaliwungu, Demak, Jepara, Kudus, Juwana, Pati dan sebagainya.
  • Jumat Pertama Bulan Syawal, Perbanyak Doa dan Selawat di Waktu Mustajab
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini (12/4) merupakan hari Jumat pertama di bulan Syawal, dan dianjurkan buat kaum muslim agar dijadikan momentum untuk memperbanyak doa dan selawat.
  • 3 Amalan yang Dianjurkan di Bulan Syawal, dari Qadha Iktikaf hingga Menikah
    Tips
    Kamis, 11 April 2024 - 18:39 WIB
    Selain puasa sunah 6 hari, ada beberapa amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Syawal ini agar tetap memperoleh pahala yang melimpah .Amalan apa saja?
  • Mengganti Puasa Ramadan di bulan Syawal, Begini Tata Cara dan Niatnya
    Tips
    Kamis, 11 April 2024 - 15:54 WIB
    Mengganti puasa (qadha) Ramadan beserta tata caranya ini, penting diketahui umat muslim. Dan bulan Syawal merupakan bulan awal untuk segera mengganti utang puasa (qadha) Ramadan ini.
  • Puasa Syawal Keberkahannya Disetarakan Puasa Setahun? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 11 April 2024 - 12:33 WIB
    Memasuki bulan Syawal, amalan yang paling dianjurkan adalah melaksanakan puasa sunnah selama 6 hari. Bahkan disebutkan bahwa puasa sunah 6 hari di bulan Syawal tersebut, disetarakan seperti puasa setahun penuh. Benarkah demikian?
  • Lebih Afdhal Mana, Qadha Puasa Ramadan atau Puasa Sunah Syawal Dulu?
    Tausyiah
    Kamis, 11 April 2024 - 09:00 WIB
    Setelah Puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan menunaikan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal. Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadan atau puasa sunah 6 hari Syawal tersebut?
  • Peristiwa Penting di Bulan Syawal yang Wajib Diketahui Kaum Muslim, Simak Ya!
    Dunia Islam
    Kamis, 11 April 2024 - 07:45 WIB
    Ternyata ada 9 peristiwa penting di bulan Syawal yang bersejarah dalam peradaban Islam. Peristiwa tersebut penting diketahui umat muslim. Peristiwa apa saja?
  • Nama Populer Bulan Syawal dan Amalan yang Dianjurkan
    Hikmah
    Rabu, 10 April 2024 - 08:25 WIB
    Karena keistimewaan dan keutamaannya, bulan Syawal ternyata memiliki beragam nama dan julukan. Nama atau julukan apa saja? Serta amalan apa saja yang dianjurkan?
  • Kapan Malam Lailatul Qadar Turun?
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 02:00 WIB
    Kapan malam Lailatul Qadar turun? Menurut Imam Al-Ghazali dalam Ianatut Thalibin, bahwa cara untuk mengetahui Lailatul Qadar bisa dilihat dari hari pertama dari bulan Ramadan:
  • Lailatul Qadar: Saatnya Bertobat, Begini Doanya
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 11:37 WIB
    Lailatul Qadar memberikan kesempatan yang sempurna untuk berdoa demi terwujudnya mimpi-mimpi terbaik, dan mencegah mimpi-mimpi terburuk. Pada malam ini terdapat doa khusus.
  • Lailatul Qadar: Rahasia Kata Ma Yudrika dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 05:15 WIB
    13 Kalimat ma adraka terulang dalam Al-Quran. 10 di antaranya mempertanyakan tentang kehebatan yang terkait dengan hari kemudian, seperti Ma adraka ma Yawm Al-Fashl, ... Al-Haqqah .. illiyyun, dan sebagainya.
  • Merajut Rekonsiliasi di Bulan Suci Ramadan, Ormas Keagamaan Berperan Penting
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:57 WIB
    Bulan suci Ramadan menjadi momen penuh berkah bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dan waktu yang tepat merekatkan kembali persatuan lintas agama.
  • Ada Golongan yang Tidak Mendapatkan Lailatul Qadar, Siapakah Mereka?
    Tausyiah
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 13:14 WIB
    Semua mukmin di bulan Ramadan pasti menginginkan malam Lailatul Qadar karena keutamaan dan keistimewaan malam tersebut. Namun ternyata ada golongan orang yang tidak mendapatkan Lailatul Qadar tersebut.
  • Kapan Terjadinya Lailatul Qadar?
    Tausyiah
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Pendapat yang kuat (ar-raajih) adalah yang dipegang oleh Jumhur (mayoritas) ulama, yaitu pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan, dan lebih khusus lagi pada malam-malam yang ganjil.
  • Lailatul Qadar: Malam yang Penuh Kesejahteraan
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:31 WIB
    Lailatul qadar yang penuh barakah ini mengandung berbagai keutamaan yang agung dan kebaikan-kebaikan yang banyak. Salah satu di antaranya adalah suatu malam yang penuh kesejahteraan.
  • Lailatul Qadar: Para Malaikat Turun ke Bumi karena Berkah dan Rahmat
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:18 WIB
    Lailatul qadar yang penuh barakah ini mengandung berbagai keutamaan yang agung dan kebaikan-kebaikan yang banyak. Salah satu di antaranya adalah turunnya para malaikat pada malam yang mulia ini.