Topik Terkait: Surat Pendek Al Quran

  • Bacaan Surat Pendek Sholat Witir 3 Rakaat
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 15:52 WIB
    Rasulullah SAW memang membaca surat-surat tertentu ketika sholat witir, akan tetapi ini hukumnya tidak wajib. Dan kita boleh membaca surat apa saja yang mudah bagi kita.
  • Surat Al Mutaffifin Juz ke Berapa?
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:23 WIB
    Surat Al Mutaffifin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Surat ini menggambarkan tentang keadilan sosial dan peringatan bagi orang-orang yang tidak jujur dalam urusan timbangan dan pengukuran.
  • Surat Al-Zalzalah Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Minggu, 16 Juli 2023 - 20:41 WIB
    Surat Al-Zalzalah lengkap Arab terjemahan dan keutamaan perlu ditadaburi umat Islam. Meski tergolong surat pendek, Al-Zalzalah memiliki kandungan dan keutamaan luar bias
  • Surat Al-Kafirun Latin, Terjemahan, Arab Beserta Keutamaan
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 19:47 WIB
    Surat Al-Kafirun lengkap latin, terjemahan, Arab beserta keutamaan sangat dianjurkan dibaca setiap hari. Surat ini dikenal sebagai amalan pembersih dari segala kemusyrikan.
  • 20 Bacaan Surat Pendek dalam Al-Qur’an, Mudah Dihafal dan Diajarkan
    Tips
    Minggu, 14 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Bacaan surat pendek dalam Al-Quran menjadi informasi penting untuk diketahui. Karena bacaannya yang tidak terlalu banyak, surat-surat ini bisa dengan mudah dihafal atau diajarkan kepada orang lain.
  • Juz 29 Al Qur’an Berisikan Surat Apa Saja?
    Tips
    Senin, 06 Mei 2024 - 16:56 WIB
    Juz 29 dalam Al Quran terdiri atas sejumlah surat berbeda. Dimulai dari surat Al Mulk dan diakhiri dengan surat Al Mursalat.
  • Surat-surat Al Quran untuk Ruqyah Berdasarkan Tuntunan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 21 September 2022 - 12:40 WIB
    Ada beberapa surat dalam Al Quran yang digunakan untuk ruqyah. Ruqyah sendiri adalah salah satu metode penyembuhan secara Islam yang menggunakan bacaan yang bersumber pada Al-Quran dan hadis.
  • Surat Al-Ashr Ayat 1-3 Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 19:54 WIB
    Berikut ini bacaan Surat Al-Ashr lengkap Arab, latin, terjemahan disertai keutamaan. Surat Al-Ashr memiliki kandungan dan keistimewaan yang sangat agung.
  • Asbabun Nuzul Al-Quran Surat As Saffat
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 11:09 WIB
    Dalam surat As Saffat mengandung beberapa hal mulai dari membahas keesaan Allah SWT, hari pembalasan, ujian berat nabi Ibrahim, hingga tentang perintah menyembah dengan sebaik baiknya.
  • 5 Surat Pendek yang Mudah Dihafal untuk Dibaca saat Puasa Ramadan
    Tips
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 15:41 WIB
    Berikut ini 5 surat pendek yang mudah dihafal untuk dibaca saat puasa Ramadan. Salah satu aktivitas yang baik untuk diperbanyak di bulan nan suci adalah membaca dan menghafal Al-Quran.
  • Gambaran Kehancuran Yahudi dan Bebasnya Masjid Al-Aqsa yang Tercantum dalam Surat Al Isra
    Tausyiah
    Selasa, 07 November 2023 - 19:40 WIB
    Peristiwa Isra yang disebut dalam surat Al-Isra adalah mengabarkan tentang tumbangnya kejayaan Bani Israel. Ayat Al Quran inilah menjadi jawaban, bahwa kehancuran Yahudi pasti terjadi
  • Hukum Tajwid Surat Al Fil Lengkap Beserta Arti dan Penjelasanya
    Tips
    Rabu, 17 Januari 2024 - 10:13 WIB
    Mengetahui hukum tajwid surah Al Fil ini penting bagi umat muslim, mengingat Al Fil merupakan salah satu surat pendek yang kerap dibaca ketika menunaikan salat fardhu maupun sunnah.
  • Memahami Makna Al-Kautsar dalam Surat Al-Kautsar
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 23:05 WIB
    Makna Al-Kaustar dalam Surat Al-Kautsar penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Kautsar termasuk surat-surat pendek terdiri 3 ayat, namun kandungannya sangat agung.
  • 5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Penamaan surat yang ada dalam Al-Quran menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.
  • Doa setelah Membaca Surat Al Waqiah agar Mudah Meraih Rezeki
    Tips
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:40 WIB
    Doa setelah membaca surat Al- Waqiah ini dianjurkan diamalkan agar surat ke 56 dalam Al-Quran yang rutin kita baca ini, dapat menjauhkan kita dari kemiskinan dan kefakiran.
  • Surat Al-Ikhlas Doa untuk Apa? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 17:13 WIB
    Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang mengandung makna keesaan Allah SWT. Surat ini terdiri dari empat ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah.
  • Tadabbur Surat Yasin Ayat 1-17, ketika Allah Bersumpah dengan Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 19:14 WIB
    Berikut ini tadabbur Surat Yasin ayat 1-17. Surat Yaasiin sedniri terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Jin. Dinamai Yaasiin karena dimulai dengan huruf Yaasiin.
  • 10 Ayat Terakhir Surat Al Kahfi dan Keutamaannya
    Tips
    Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB
    Keutamaan membaca 10 ayat terakhir Surat Al Kahfi penting diketahui umat Muslim. Sepuluh ayat tersebut dianjurkan untuk dihafal bersama 10 ayat pertamanya.
  • Surat Al-Quran yang Harus Dihafal Sebelum Meninggal
    Tips
    Senin, 10 Januari 2022 - 10:00 WIB
    Benarkah ada surat Al-Quran yang harus dihapal sebelum meninggal? Bagaimana dalilnya dan apa saja suratnya? Dalam Islam, semua makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian
  • Surat-surat dalam Al-Quran untuk Ibu Hamil
    Muslimah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 13:09 WIB
    Ada banyak surat-surat dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang kondisi ibu hamil. Bahkan Al-Quran menceritakan detik-detik kelahiran seorang anak yang dikandung ibunya ketika usia kehamilan sudah waktunya melahirkan