Kumpulan Artikel: Rumah

  • Hukum Al Quran bagi Perusak Rumah Tangga
    Tausyiah
    Senin, 20 Mei 2024 - 11:39 WIB
    Merusak hubungan rumah tangga orang lain sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW menegaskan dengan sangat keras bahwa perusak rumah tangga bukan bagian dari umatnya.
  • Selain Mengucap Salam, Amalkan Doa Ini agar Setan Tidak Ikut Masuk ke Rumah
    Tips
    Rabu, 15 Mei 2024 - 15:35 WIB
    Mengucapkan salam sebelum masuk rumah sangat dianjurkan, selain itu membaca doa masuk rumah ini penting diamalkan agar setan tidak bisa ikut masuk ke dalam rumah kita.
  • Arab Saudi Luncurkan Perlindungan Upah Pekerja Rumah Tangga, Begini Aturannya
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Mei 2024 - 15:07 WIB
    Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif Saudi untuk mengembangkan sektor pekerja rumah tangga dan menjamin hak-hak majikan dan pekerja rumah tangga.
  • 7 Aktivitas Ringan Sehari-hari yang Bisa Nambah Timbangan Amal
    Tips
    Selasa, 14 Mei 2024 - 09:13 WIB
    Banyak aktivitas ringan yang bisa dilakukan sehari hari, yang ternyata menjadi sebab turunnya Rahmat Allah Taala dan nantinya akan menambah timbangan amal perbuatan kita kelak.
  • Rumah Tangga dalam Islam : Hak Suami Harus Dipenuhi, Hak Istri Wajib Ditunaikan
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 14:10 WIB
    Percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Adab dan Hak Suami Istri dalam Rumah Tangga Islam
    Tausyiah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 11:30 WIB
    Adab-adab dan hak suami istri dalam rumah tangga, penting diketahui dan dipahami pasangan muslim. Hal ini penting, agar rumah tangga yang dijalani sesuai tuntunan Rasulullah SAW.
  • Ingin Rumah Tangga Harmonis? Tirulah Cara Umar bin Khattab
    Tausyiah
    Minggu, 05 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Tujuan pernikahan yang sakinah, mawadahdan warahmah, tentu menjadi pilihan utama. Namun demikian, dalam mengarunginya akan banyak gelombang ujian. Bagaimana mengatasinya?
  • Hak Suami Istri dan Adab Pergaulan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:40 WIB
    Imam Ghazali mengemukakan sejumlah hak suami istri dan adab pergaulan di antara mereka yang kehidupan berkeluarga tidak akan dapat harmonis tanpa semua itu.
  • Pentingnya Menjaga Rahasia Pasangan
    Muslimah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 12:30 WIB
    Yang paling utama bagi suami dan istri adalah tidak menyebarkan rahasia pendamping hidupnya dan tidak membocorkan aib tersembunyi yang ia ketahui ada pada suami atau istrinya tersebut.
  • Kesalahan Suami yang Tidak Bisa Dimaafkan dalam Islam
    Muslimah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:13 WIB
    Ada kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan dalam Islam, bahkan perbuatannya tersebut sangat dibenci Allah Subhanahu wa taala. Kesalahan kesalahan apa saja iti?
  • Mau Tahu Pengganggu Rumah Tangga Sebenarnya? Itulah Tugas Setan Dasim
    Muslimah
    Minggu, 11 Februari 2024 - 14:25 WIB
    Penggangu utama dalam rumah tangga, ternyata karena ulah setan. Pertengkaran sepele bisa menjadi besar, hal hal kecil pun bisa dibesar besarkan karena ulah setan dan bala tentaranya itu.
  • 3 Faedah Doa Saat keluar Rumah, Salah Satunya Dicukupkan dan Diberi Kemudahan oleh Allah SWT
    Tips
    Selasa, 12 Desember 2023 - 15:07 WIB
    Ada faedah dan keutamaan membaca doa keluar rumah penting diketahui kaum muslim. Redaksinya tergolong pendek, namun faedahnya luar biasa.
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 29: Hukum Memasuki Rumah Tak Berpenghuni
    Tausyiah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 17:30 WIB
    Ayat sebelumnya telah dijelaskan adab dan etika etika memasuki rumah yang berpenghuni. Pada tadabbur ayat selanjutnya Allah menguraikan etika memasuki rumah yang tak berpenghuni.
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 28: Adab Memasuki Rumah Orang Lain
    Tausyiah
    Minggu, 26 November 2023 - 21:57 WIB
    Lanjutan Surat An-Nur ini masih menceritakan adab dan etika memasuki rumah orang lain. Apabila hendak memasuki rumah orang lain, jangan sekali-kali memasukinya sebelum mendapat izin.
  • Keluarga Muslim : Agar Rumah Menjadi Surga, Lakukan 5 Hal Penting Ini
    Muslimah
    Kamis, 23 November 2023 - 11:17 WIB
    Baiti jannati atau rumahku surgaku adalah konsep ideal bagi keluarga muslim. Namun, akan mustahil membangun rumah layaknya surga jika tak dapat membentenginya dari setan.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 27: Hikmah Mengucap Salam dan Minta Izin Saat Memasuki Rumah
    Hikmah
    Minggu, 19 November 2023 - 10:08 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nur berikut menjelaskan tentang adab dan etika ketika berkunjung atau memasuki rumah. Yaitu mengucap salam dan meminta izin terlebih dahulu.
  • Sunah-sunah Istri kepada Suami yang Ganjaran Pahalanya Luar Biasa
    Muslimah
    Minggu, 12 November 2023 - 05:15 WIB
    Sunah seorang istri kepada suami sangat ditekankan dalam Islam. Karena hal itu menjadi salah satu sumber kebahagian dalam rumah tangga. Apa saja amalan sunah Istri ini?
  • Hak-hak Istri yang Wajib Ditunaikan Suaminya
    Muslimah
    Selasa, 07 November 2023 - 10:27 WIB
    Seorang istri memiliki hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya bahkan wajib ditunaikan oleh sang suami. Apa saja hak yang harus ditunaikan suami kepada istri tersebut?
  • Kiat agar Rumah Tangga Harmonis sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Sabtu, 04 November 2023 - 12:50 WIB
    Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah (Samawa). Semua keluarga muslim, pasti menginginkan hal tersebut.
  • Benarkah Salat di Rumah Lebih Utama bagi Wanita? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 14:01 WIB
    Benarkah salat di rumah lebih utama bagi wanita? Bagaimana dengan pahala salat jamaah di masjid? Pertanyaan tersebut cukup pupoler di kalangan muslimah saat ini.