Kumpulan Artikel: Keturunan Nabi (halaman 2)

  • Kisah Habib Umar Al-Attas Ketika Bertemu Penguasa Hadhramaut
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 19:57 WIB
    Kisah ini adalah satu di antara kisah betapa waranya ulama terdahulu ketika bertemu penguasa. Kehati-hatian mereka dalam bersikap patut untuk kita teladani.
  • Asal Usul Marga Assegaf, Marga Tertua Habaib Keturunan Nabi Muhammad
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 22:12 WIB
    Asal usul marga Assegaf termasuk salah satu marga tertua di kalangan Habaib keturunan Nabi Muhammad SAW. Inilah orang pertama yang dijuluki Assegaf atau As-Saqqaf.
  • Asal Usul Marga Alaydrus, Keturunan Rasulullah SAW yang Masyhur
    Dunia Islam
    Senin, 31 Juli 2023 - 12:31 WIB
    Asal usul marga Alaydrus adalah dari Hadhramaut Yaman. Keluarga Alaydrus merupakan salah satu keluarga yang masyhur dan terkenal di dalam Sadah Al Alawiyyin.
  • Silsilah Nasab Sunan Gunung Jati yang Tersambung kepada Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Juni 2023 - 18:07 WIB
    Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah satu dari Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Berikut silsilah nasab beliau yang tersambung kepada Rasulullah SAW.
  • Syarat dan Cara Mendapatkan Buku Nasab Rabithah Alawiyah
    Dunia Islam
    Senin, 05 Juni 2023 - 19:00 WIB
    Syarat dan cara mendapatkan buku Nasab Rabithah Alawiyah perlu diketahui kalangan Alawiyin. Di Indonesia, para keturunan Alawiyin (Ba Alawi) disebut dengan Habib.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Apakah Marga Basalamah Keturunan Rasulullah SAW?
    Dunia Islam
    Senin, 05 Juni 2023 - 18:11 WIB
    Apakah marga Basalamah keturunan Rasulullah? Marga Basalamah merupakan salah satu nama marga yang diambil dari Arab Hadramaut yang merujuk pada nama keluarga keturunan bangsa Arab.
  • Mengenal Gaya Hidup Fatimah Az-Zahra yang Perlu Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 14:58 WIB
    Fatimah binti Muhammad atau Fatimah Az-Zahra atau Fathimah yang selalu berseri, merupakan putri bungsu sekaligus kesayangan Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam
  • Silsilah Habib Kuncung, Ulama yang Disebut sebagai Ahli Darkah
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 17:41 WIB
    Silsilah Habib Kuncung perlu diketahui karena berjasa menebarkan dakwah Islam di zaman kolonial Belanda. Nama aslinya Habib Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al-Haddad.
  • Marga Keturunan Nabi di India, Ada Klaim Hindustan Pelindung Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Marga keturunan Nabi Muhammad SAW di India tersebar di berbagai wilayah. Laman Defence menyebut lebih dari 15 juta orang mengklaim sebagai keturunan dari suku Nabi di Asia Selatan.
  • Habib Husein Luar Batang, Imam di Penjara Hingga Meramal Sinyo Belanda Menjadi Gubernur
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:46 WIB
    Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus atau Habib Luar Batang, ulama yang sangat masyhur karena berjasa menyebarkan dakwah Islam di Tanah Betawi pada abad 18 Masehi.
  • Besok Acara Haul Habib Husein Alaydrus Digelar di Masjid Keramat Luar Batang
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 07:10 WIB
    Haul Habib Husein bin Abubakar Alaydrus ke-275 insya Allah digelar besok Ahad, 14 Mei 2023 di Masjid dan Makam Keramat Luar Batang Jakarta. Berikut susunan acaranya.
  • Imam Ahmad Al-Muhajir, Habib yang Pertama Kali Hijrah ke Yaman
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Mei 2023 - 11:54 WIB
    Salah satu tokoh sentral Saadati Alawiyyin yang paling monemenal dan paling berjasa menjaga kemurnian anak zuriyyah Rasulullah SAW hingga hari ini adalah Imam Ahmad bin Isa al-Muhajir.
  • Lailatulqadar: Ketika Umat Nabi Muhammad SAW Kagumi Usia Panjang Manusia Tempo Dulu
    Hikmah
    Minggu, 09 April 2023 - 17:54 WIB
    Rasulullah SAW menceritakan tentang seorang lelaki (zaman dahulu) yang menyandang senjatanya selama seribu bulan dalam berjihad di jalan Allah SWT. Kaum muslimin pun merasa kagum
  • 5 Marga Keturunan Nabi Muhammad SAW yang Berasal dari Arab Saudi
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:59 WIB
    Keturunan Nabi Muhammad SAW yang berasal dari Arab Saudi biasanya dipanggil dengan Syarif untuk laki-laki dan Syarifah untuk perempuan. Kalau jamak disebut Asyraf.
  • 8 Marga Habib Tertua di Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Januari 2023 - 10:16 WIB
    Setidaknya ada 8 marga atau fam habib yang dianggap sebagai pemula. Selain As-Sajjad, ada Al Baqir, Ash-Shadiq, Al Uraidhi, An-Naqib, Ar-Rummi, Al Muhajir, dan Al-Ustadz Al Adzam.
  • 5 Marga Habib yang Paling Banyak Persebarannya di Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 16 Januari 2023 - 18:10 WIB
    Marga Habib yang paling tinggi persebarannya di Indonesia adalah Al-Attas. Jika kita mengurutkan 5 habib tertinggi persebarannya setelah Al-Attas adalah Al-Haddad, Assegaf, Alaydrus, dan Al-Habsyi.
  • Kisah Ulama Keturunan Nabi Islamkan 10.000 Orang Lebih di Afrika
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Sosok ulama keturunan Nabi Muhammad SAW yang satu ini sangat dihormati di kalangan Habaib. Beliau telah mengislamkan 10.000 orang lebih penduduk Afrika.
  • 5 Ulama Yaman Keturunan Nabi Muhammad SAW dan Kiprahnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Ulama Yaman yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW jumlahnya sangat banyak. Di antara sosok ulama yang cukup populer ialah Habib Umar bin Hafizh.
  • Sejarah Tarim Yaman, Kota Seribu Wali Penghasil Ulama dan Keturunan Nabi Muhammad
    Dunia Islam
    Kamis, 17 November 2022 - 23:26 WIB
    Sejarah Tarim di Yaman dikenal sebagai Kota Seribu Wali dan penghasil ulama keturunan Nabi Muhammad SAW. Kota ini berjarak sekitar 600 Km dari ibukota Sanaa Yaman.
  • 5 Ulama Indonesia Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 15 November 2022 - 05:15 WIB
    Ulama Indonesia keturunan Nabi Muhammad SAW lumayan banyak. Salah satunya adalah Prof M Quraish Shihab, lalu Habib Ali Kwitang pemimpin Majelis Taklim Kwitang.