Topik Terkait: Parenting Nabawiyah

  • Pentingnya Mengenalkan Anak tentang Sirah Nabawiyah dan Keteladanan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Senin, 25 Maret 2024 - 03:59 WIB
    Salah satu tugas orang tua muslim dalam mengenalkan Islam kepada anak adalah tentang sirah nabawiyah (sejarah Nabi Muhammad Shallalahualaihi wa sallam).
  • Mengenal Syaikh Abu Al-Hasan Ali An-Nadwi, Salah Satu Ulama dan Penulis Terbaik Sirah Nabawiyah
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Juni 2021 - 13:15 WIB
    Di antara ulama di jaman modern yang keilmuannya diakui oleh para ulama se-dunia adalah Syaikh Abu Al-Hasan Ali An-Nadwi Rha.a. Beliau adalah ahli ilmu yang juga penulis terbaik sirah nabawiyah.
  • Parenting Islami : Sikap Adil Orang Tua dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 10:18 WIB
    Dalam Islam, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Parenting Islami : Hindari Mencela Anak
    Muslimah
    Senin, 18 September 2023 - 17:52 WIB
    Ketika marah dan emosi memuncak, seringkali orang tua lepas kontrol bahkan hingga mengeluarkan ucapan-ucapan yang tidak pantas pada anak, bahkan menjurus ke mencela anak. Padahal hal tersebut dilarang dalam Islam
  • Pentingnya Mendidik Anak Tentang Sirah Nabawiyah
    Muslimah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 17:53 WIB
    Orang tua memiliki peran penting dalam mengenalkan Islam kepada anak. Salah satunya adalah mengenalkan sirah nabawiyah (sejarah Nabi Muhammad Shallalahualaihi wa sallam).
  • Tata Cara Menyapih Anak Menurut Islam
    Muslimah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 11:49 WIB
    Menyapih anak menjadi momen penting dalam pola asuh bayi kita. Dan ternyata, Islam sudah mengatur dalam aspek yang terlihat sederhana dalam pola asuh anak ini.
  • Parenting: Islam Melarang Mencela Anak
    Muslimah
    Senin, 12 Februari 2024 - 13:15 WIB
    Penting diperhatikan bagi para orang tua, bahwa Islam sangat melarang perbuatan mencela anak. Mengapa demikian? Karena celaan atau umpatan yang diucapkan orang tua akan sangat membekas di alam bawah sadar anak-anak.
  • 5 Kriteria Istri dalam Surah An-Nisa
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Desember 2020 - 20:16 WIB
    Ustaz Budi Ashari, Dai yang dikenal sebagai pakar sejarah Islam menjelaskan lima kriteria istri dalam Al-Quran Surah An-Nisa. Berikut penjelasannya.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Sikap Optimisme pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 15:00 WIB
    Mengajarkan sikap optimisme kepada anak-anak sejak dini, penting dilakukan. Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.
  • Penjelasan Ulama tentang Hikmah Pernikahan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Minggu, 13 November 2022 - 05:15 WIB
    Termasuk kesempurnaan mentadabburi Al-Quran dan hadis berkenaan dengan Sirah Nabawiyah adalah mengetahui hikmah pernikahan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam.
  • Deretan Sahabat Nabi yang Mendapat Siksaan Keras dari Kaum Musyrik Quraisy
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 14:44 WIB
    Ketika dakwah Islam dilakukan terang-terangan di Mekkah, Nabi Muhammad SAW mengalami ujian amat berat. Bahkan para Sahabat Nabi mendapat siksaan keras dari kaum musyrik Quraisy.
  • Abu Jahal Itu Pintar dan Berpengaruh Tapi Mati Keadaan Kafir, Ini Sebabnya
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 12:25 WIB
    Kali ini Ustaz Ahmad Sarwat menceritakan kisah Abu Jahal yang mati dalam keadaan kafir dilansir dari catatan media sosialnya. Sebelummya Abu Jahal dikenal pintar dan berpengaruh.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Anak Bermain Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:48 WIB
    Salah satu ikhtiar dalam mendidik anak adalah memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni bermain. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua zaman sekarang.
  • Muslim Harus Tahu! Ini Penyebab Kaum Yahudi Diusir dari Madinah
    Hikmah
    Rabu, 29 November 2023 - 19:22 WIB
    Watak buruk kaum Yahudi memang dikenal sebagai orang yang suka berkhianat, ingkar janji dan berperilaku jahat. Berikut sepenggal kisah yang menyebabkan kaum Yahudi diusir dari Madinah.
  • Mengawal Perkembangan Remaja Sesuai Tuntunan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:22 WIB
    Setiap nanusia akan melewati fase-fase kehidupan, artinya ada perkembangan yang terjadi. Demikian juga, dengan anak-anak kita mengalami fase-fase perkembangan tersebut.
  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • 7 Cara Mengajak Anak Mulai Berdakwah, Nomor Terakhir Pasti Menyenangkan
    Muslimah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:29 WIB
    Seorang pengemban dakwah tidak akan lahir begitu saja, ia lahir melalui proses dan upaya terus-menerus, bahkan dari sejak masa kanak-kanak. Karena itu, mengajak anak berdakwah sedari dini sangatlah penting.
  • Baby Blues Dalam Islam Ternyata Tertulis Dalam  Al-Quran.
    Muslimah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 15:58 WIB
    Baby blues dalam Islam, ternyata telah tertulis dalam Al-Quran. Dalam kitabullah ini, dijelaskan bahwa menjadi seorang ibu tidaklah mudah. Terdapat beban berat yang ada di pundak ibu usai melahirkan buah hatinya.
  • Pesan Imam Al Ghazali: Biarkan Anak Bermain dan Berkembang Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Senin, 12 September 2022 - 17:06 WIB
    Di antara kebiasaan anak adalah bermain, karena dunia mereka memang bermain dan permainan. Islam juga tidak mengabaikan betapa banyak manfaat sekaligus mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi anak perihal bermain ini.
  • Mengajarkan Pintu-pintu Kebaikan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:26 WIB
    Sangat banyak pintu-pintu kebaikan yang bisa kita buka untuk anak-anak. Kita buat mereka gemar melakukannya sedari kecil. Apa saja pintu-pintu kebaikan itu?