Kumpulan Artikel: Umat Islam (halaman 3)

  • Takaful Bidang Materi dan Moral Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Di antara bentuk taawun, taraahum dan tanaashur adalah takaful (saling menanggung) di antara anggota masyarakat Islam. Baik takaful di bidang materi dan moral, ekonomi dan politik, militer dan sipil, sosiai dan budaya.
  • Muslim Jerman: Jumlah Umat Islam Bertambah, tapi Sedikit Pemakaman
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:05 WIB
    Lebih dari 5 juta dari 83 juta penduduk Jerman adalah Muslim, dan jumlahnya terus bertambah. Mereka tinggal dan akan meninggal di sini. Hanya saja, sedikit pemakaman yang tersedia.
  • Kisah Organisasi Islam Eropa yang Difitnah Menyimpan Rahasia Kotor
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hande Taner mengungkap kisah organisasinya yang difitnah sebagai cabang perekrutan teroris. Padahal organisasi ini secara teratur berkampanye tentang isu-isu yang berkaitan dengan pemuda dan pelajar Islam.
  • Colin Bloom Rekomendasikan Pinjaman Syariah untuk Mahasiswa Muslim
    Dunia Islam
    Senin, 01 Mei 2023 - 14:57 WIB
    Penasihat Pemerintah Inggris bidang Agama, Colin Bloom, merekomendasikan pemerintahnya untuk mengembangkan pinjaman syariah bagi mahasiswa muslim agar mereka dapat belajar di perguruan tinggi.
  • Umat Islam Indonesia Harus Terus Gaungkan Sikap Ramah, Moderat, dan Toleran
    Dunia Islam
    Senin, 10 April 2023 - 08:17 WIB
    JMM bersama IAID Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila, di Aula IAID, Depok.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ramadan 1444 H, Majelis Hukama Muslimin Ajak Perkuat Persaudaraan
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin (MHM) TGB Zainul Majdi mengajak umat Islam menjadikan momentum Ramadan 1444 H untuk memperkuat persaudaraan.
  • Makna Ummatan Wasatha Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 13 Maret 2023 - 10:24 WIB
    Menurut Quraish Shihab, mulanya, kata wasath berarti segala yang baik sesuai dengan obyeknya. Sesuatu yang baik berada pada posisi di antara dua ekstrem.
  • Kisah Turunnya Surat Al-Fath, Kabar Gembira Kemenangan bagi Umat Islam
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 00:00 WIB
    Kesedihan yang menyelimuti Rasulullah SAW dan para sahabat seketika hilang ketika Allah Taala menurunkan surat ini. Surat Al-Fath (kemenangan) yang terdiri 29 ayat.
  • Umat yang Tunggal Ini Kenyataannya Terpecah, Begini Penjelasan Cak Nur
    Tausyiah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 11:14 WIB
    Kenyataan historis pertama tentang agama Islam ialah bahwa umatnya telah terpecah dan bahkan saling menumpahkan darah sejak masa-masa amat dini perjalanan sejarahnya.
  • Tindak Lanjut Forum Dialog Bahrain, MHM Perkuat Dialog Sunni-Syiah di Irak
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Januari 2023 - 21:50 WIB
    Syekh Al-Azhar Ahmed Al-tayeb menyampaikan seruan untuk menguatkan dialog antara berbagai kelompok dan mazhab di internal umat Islam demi menguatkan Islam dan persatuan umat.
  • Kisah Bangsawan Lady Evelyn Zeinab Cobbold Memilih Islam
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Lady Evelyn Zeinab Cobbold saat lahir bernama Lady Evelyn Murray. Dia menyatakan diri memeluk Islam pada tahun 1915 yakni pada era Victoria. Berikut penuturannya.
  • Kisah Anthropologist Belanda Memilih Islam, Sempat Mengikuti Ceramah Snouck Horgronye
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Dia adalah Mr RI Mellema. Anthropologist, penulis, dan guru asal Belanda ini adalah Kepala Bagian Islam pada Tropical Museum di Amsterdam. Beliau pengarang buku.
  • Kisah Kritikus Sastra Donald S Rockwell Mengapa Memilih Islam
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Pada awalnya, Kolonel Donald S. Rockwell tertarik dengan Islam karena kemudahan ajaran-ajarannya. Di samping juga daya tarik dan keagungan suasana mesjid-mesjid kaum Muslimin.
  • Mualaf Inggris Itu Pengarang Kisah Laila and Majnun, Begini Perjalanan Rohaninya
    Hikmah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:10 WIB
    William Burchell Basyir Pickard adalah Doktor dalam ilmu sastra dari London University , seorang pengarang terkenal. Salah satu karangannya ialah Laila and Majnun
  • Ketika Orientalis Montgomery Watt Bicara tentang Kesempurnaan dan Kemandirian Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:52 WIB
    Orientalis ini bicara tentang kesempurnaan dan kemandirian Islam memulainya dengan kisah nasib perpustakaan Alexandria tatkala pasukan Islam menduduki wilayah itu pada tahun 641 Masehi.
  • Kisah Doktor Ilmu Kesehatan Prancis, Percaya Kebenaran Syahadat sebelum Memeluk Islam
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Sebelum saya memeluk agama Islam, saya telah percaya atas kebenaran kalimat syahadat pertama yang berbunyi Asyhadu an laa ilaaha illallah dan ayat-ayat Al-Quran Surat Al-Ikhlas.
  • Agama Warga Negara Kamboja dan Persentasenya
    Dunia Islam
    Senin, 19 Desember 2022 - 16:25 WIB
    Kamboja adalah negara di Asia Tenggara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Di negara ini, raja menjadi kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dipimpin perdana menteri.
  • Sejarah Perkembangan Islam di Prancis, Negara dengan Muslim Terbanyak di Eropa Barat
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:53 WIB
    Perkembangan Islam di Prancis ini diketahui dimulai pada abad ke 8 M, setelah ditemukannya tiga kuburan pemakaman Muslim yang diketahui berasal dari abad tersebut.
  • Misionaris Herbert Hobohm: Islam Memberikan Ketenangan Batin
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Dia terlahir dengan nama Herbert Hobohm. Seorang misionaris, diplomat, dan pekerja sosial. Namanya berganti menjadi Mohammed Aman Hobohm setelah memeluk Islam.
  • Ini Mengapa Penjajahan Tak Mampu Hapus Pola Berpikir Ideologi Islam
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Meskipun perang ini telah membawa keberhasilan Eropa menguasai Dunia Islam selama dua abad, tetapi suatu yang tidak dapat dilakukannya adalah menghapuskan pola berpikir ideologi sosiokultural berlabel Islam.