Topik Terkait: Takdir Menurut Alquran

  • 6 Pandangan Menyikapi Takdir Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
    Takdir manusia di dunia sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa taala, bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia. Ada takdir yang baik, begitu juga ada takdir yang buruk.
  • Takdir dalam Bahasa Al-Quran,  Semua Makhluk Ditetapkan Takdirnya
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Dari sekian banyak ayat Al-Quran dipahami bahwa semua makhluk telah ditetapkan takdirnya oleh Allah. Mereka tidak dapat melampaui batas ketetapan itu.
  • Hidup Mengalami Takdir Buruk, Bagaimana Menyikapinya?
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 06:19 WIB
    Ada dua ketentuan atau takdir yang diterima setiap mahkluk Allah ini, yakni takdir baik dan takdir buruk. Bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini?
  • Adanya Takdir Tidak Menghalangi Manusia untuk Berusaha
    Tausyiah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Manusia berada di bawah hukum-hukum Allah sehingga segala yang kita lakukan pun tidak terlepas dari hukum-hukum yang telah mempunyai kadar dan ukuran tertentu.
  • Takdir Manusia di Lauhul Mahfuzh dan Doa Umar Bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 20:37 WIB
    Semua kejadian di alam ini termasuk takdir manusia telah ditetapkan dan tertulis di Lauhul Mahfuzh. Setiap hari Allah memeriksanya sebanyak 360 kali pemeriksaan.
  • Pesan Imam Ibnul Qayyim Ketika Ditimpa Takdir yang Buruk
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:27 WIB
    Takdir manusia sudah ditentukan Allah Subhanahu wa taala, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Mengenal Makanan Sehat dan Seimbang Menurut Al-Quran
    Tips
    Selasa, 09 November 2021 - 16:49 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh. Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh. Al Quran telah menjelaskan semuanya tentang pola makanan sehat ini.
  • 3 Dosa Paling Besar Menurut Alquran
    Tausiyah
    Selasa, 05 November 2019 - 20:53 WIB
    Dalam satu hadits shahih Bukhari-Muslim, sahabat bernama Ibnu Masud RA menyampaikan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang dosa paling besar.
  • Hadis dan Ayat yang Tampak Bertentangan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 14:09 WIB
    Ada satu hadis yang sepintas bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran. Salah satu contoh adalah hadis dari Abdullah bin Masud ra dengan Quran Surat Al-Kahfi ayat 30.
  • Pengertian Takdir Mubram dan Contohnya, Bisakah Diubah?
    Santri
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:57 WIB
    Pengertian takdir mubram secara bahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan atau sudah pasti. Jadi, takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku.
  • Takdir, Becermin dari Tujuan Politis Penguasa Dinasti Umayah
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 13:07 WIB
    Yang jelas, menurut Prof Quraish, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • 4 Macam  Penulisan Takdir Manusia yang Penting Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 13:58 WIB
    Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui manusia sebagaimana diterangkan dalam ringkasan Hadis Arbain An-Nawawi yang disyarah oleh Syekh Sholeh Alu Sayikh dan disusun Ustaz Abu Isa Abdulloh bin Salam
  • Doa Memohon Takdir yang Baik Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Sebagai muslim, kita selalu berharap mendapatkan takdir yang baik serta mendapatkan pertolongan dari Allah taala. Dan, takdir seseorang dapat diubah menjadi lebih baik, bila kita selalu menyelipkan doa-doa yang tulus dan terus berikhtiar.
  • Problematik Tafsir Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 05:45 WIB
    Keberadaan Al-Quran di tengah-tengah umat Islam, ditambah dengan keinginan mereka untuk memahami petunjuk dan mukjizat-mukjizatnya, telah melahirkan sekian banyak disiplin ilmu keislaman.
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.
  • Metode Periwayatan dalam Menafsirkan Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Kalau kita mengamati metode penafsiran sahabat-sahabat Nabi SAW, ditemukan bahwa pada dasarnya --setelah gagal menemukan penjelasan Nabi SAW-- mereka merujuk kepada penggunaan bahasa dan syair-syair Arab.
  • Pengertian Tajdid atau Modernisasi Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 08 Mei 2023 - 11:31 WIB
    Melakukan tajdid dengan jalan menghapus atau membatalkan ajarannya, pada hakikatnya menghilangkan ciri ajaran Al-Quran yang dinilai selalu sesuai dengan setiap masa dan tempat.
  • Nasib Manusia Sudah Ditetapkan, Ada 4 Macam Penulisan Takdir
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 14:52 WIB
    Nasib manusia sudah ditetapkan oleh Allah sebagai Zat pencipta alam semesta. Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui dan diimani oleh seorang muslim.
  • Keadilan Menurut Al-Quran: Tak Sekadar Proses Penetapan Hukum
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri.