Topik Terkait: Takdir Menurut Alquran (halaman 3)

  • Rumusan Kesejahteraan Menurut Al-Quran, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:27 WIB
    Sebagian pakar berpendapat bahwa kesejahteraan sosial yang didambakan Al-Quran tecermin dari surga yang dihuni oleh Adam dan istrinya, sesaat sebelum turunnya mereka melaksanakan tugas kekhalifahan di bumi.
  • Berikut Ini Khasiat Surat Al-Qamar Menurut Sayyid Al-Muqaddam
    Hikmah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:17 WIB
    Barangsiapa yang menulisnya pada hari Jumat saat salat Zuhur dan meletakkannya di bawah surbannya maka dia akan menjadi orang yang disukai dan diterima oleh berbagai golongan.
  • Pengertian Tajdid atau Modernisasi Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 08 Mei 2023 - 11:31 WIB
    Melakukan tajdid dengan jalan menghapus atau membatalkan ajarannya, pada hakikatnya menghilangkan ciri ajaran Al-Quran yang dinilai selalu sesuai dengan setiap masa dan tempat.
  • Riba Jelas Haram, Lalu Apa Makna Sejatinya Riba Menurut Al-Quran? (3-Habis)
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:44 WIB
    Ayat-ayat di atas lebih memperkuat kesimpulan bahwa kelebihan yang dipungut, apalagi bila berbentuk pelipatgandaan, merupakan penganiayaan bagi si peminjam.
  • Inilah Adab Ziarah Kubur Menurut Imam Al Ghazali
    Muslimah
    Senin, 22 Maret 2021 - 08:16 WIB
    Masih banyak kaum muslimin yang salah dalam menyikapi ziarah kubur, sehingga bukannya manfaat yang mereka raih, akan tetapi justru mengundang murka Allah . Ini karena adab-adab ziarah kubur yang kurang diperhatikan.
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Korelasi antara Al-Quran dan Ilmu Pengetahuan Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:39 WIB
    Membahas hubungan antara Al-Quran dan ilmu pengetahuan bukan dinilai dari banyak atau tidaknya cabang-cabang ilmu pengetahuan yang dikandungnya.
  • 5 Tipe Wanita Menurut Al-Quran, yang Mana Tipemu?
    Muslimah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 09:34 WIB
    Sebagai muslimah, Al-Quran telah memberi tuntunan kepada orang yang beriman agar tidak salah dalam memiliki kepribadian tersebut, termasuk kepribadian mana yang diinginkan muslimah.
  • 9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam (2)
    Hikmah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:47 WIB
    Setidaknya ada 9 tanaman yang menghasilkan komoditas berharga yang disebut dalam Al-Quran. Tak sedikit mereka yang menekuni bisnis yang terkait dengan komoditas tersebut menjadi kaya
  • Keadilan Menurut Al-Quran: Tak Sekadar Proses Penetapan Hukum
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri.
  • Metode Periwayatan dalam Menafsirkan Al-Quran Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 03 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Kalau kita mengamati metode penafsiran sahabat-sahabat Nabi SAW, ditemukan bahwa pada dasarnya --setelah gagal menemukan penjelasan Nabi SAW-- mereka merujuk kepada penggunaan bahasa dan syair-syair Arab.
  • Begini Khasiat Surat Shad Ayat 42 Menurut Sayyid Al-Muqaddam
    Tips
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:43 WIB
    Khusus keistimewaan surah Shad, barangsiapa banyak membaca ayat ke-42 dari surah Shad saat dia akan menggali sumur maka dia akan mendapatkan sumber air yang bagus.
  • Lailatulqadar dan Surat Al-Qadar Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 05 April 2023 - 05:15 WIB
    Bulan Ramadan memiliki sekian banyak keistimewaan, salah satunya adalah Lailat Al-Qadar, suatu malam yang oleh Al-Quran lebih baik dari seribu bulan.
  • 3 Tujuan Pokok dan Dakwah Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dari sejarah diturunkannya Al-Quran, dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Quran mempunyai tiga tujuan pokok. Salah satunya petunjuk akidah dan kepercayaan.
  • Sistem Penalaran Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:14 WIB
    Pada masa-masa pertama dalam pembinaan masyarakat Islam, penilaian segolongan muslim terhadap nilai al-fikrah Al-Quraniyyah adalah bahwa ide-ide tersebut mempunyai hubungan erat dengan pribadi Rasulullah.
  • Begini Perbedaan Qadha dan Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:58 WIB
    Sebagian mengatakan bahwa Qadar adalah kententaun Allah sejak zaman azali (zaman yang tak ada awalnya), sedangkan Qadha adalah ketetapan Allah terhadap sesuatu pada waktu terjadi.
  • Manfaat dan Keindahan dalam Kehidupan Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila jiwa seni itu adalah bagaimana merasakan adanya keindahan dan menghayatinya, maka itulah yang diingatkan oleh Al Quran untuk diperhatikan, dan Al Quran telah menegaskan dalam banyak ayatnya.
  • Begini Idealnya Hubungan Suami Istri Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 17:01 WIB
    Interaksi dan muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Kapan Alquran Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat
    Tausiyah
    Rabu, 22 Mei 2019 - 21:41 WIB
    Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Turunnya Alquran dari Lauhul Mahfuzh dikenal dengan istilah Nuzulul Quran.
  • Arti Kekhalifahan di Bumi Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:30 WIB
    Hubungan ini, walaupun tidak disebutkan secara tersurat dalam ayat di atas, tersirat karena penunjukan sebagai khalifah tidak akan ada artinya jika tidak disertai dengan penugasan atau istikhlaf.