Kumpulan Artikel: Kiamat (halaman 14)

  • Matahari Terbit dari Barat Saat Tobat Tertolak,  Tanda Pertama Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadits yang menjelaskan tentang 10 tanda-tanda menjelang kiamat. Menurutnya, tanda-tanda kiamat pertama adalah matahari terbit dari barat
  • Jelang Kiamat, Munculnya Binatang Melata yang Bisa Berbicara kepada Manusia
    Tausyiah
    Selasa, 21 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir menyampaikan menjelang datangnya hari kiamat ditandai munculnya binatang melata dari bumi. Binatang tersebut bisa berbicara dengan manusia.
  • Kondisi Mekkah dan Madinah Jelang Kiamat: Dajjal Tidak Bisa Masuk
    Tausyiah
    Senin, 20 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir menyampaikan bahwa Dajjal tidak mungkin masuk ke Mekkah dan ke Madinah. Di jalan-jalan Madinah ada para malaikat yang menjaganya supaya Dajjal tidak memasukinya.
  • Sejumlah Hadits yang Menjelaskan Orang Ethiopia Merusak Kabah Jelang Kiamat
    Tausyiah
    Sabtu, 18 September 2021 - 20:41 WIB
    Kabah akan dihancurkan menjelang kiamat. Ibnu Katsir menyampaikan sejumlah hadis tentang perusakan Kabah tersebut yang dilakukan oleh Dzu as-Suwaiqatain dari Ethiopia.
  • Kemunculan Dzu as-Suwaiqatain untuk Menghancurkan Kabah Jelang Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 15 September 2021 - 05:15 WIB
    Sebuah hadits menyebut, Kiamat tidak akan terjadi hingga ibadah haji tidak ditunaikan. Ibnu Katsir juga menjelaskan tentang kemunculan Dzu as-Suwaiqatain dan penghancuran Kabah.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 3 Golongan Orang yang Dipandang Allah di Padang Mahsyar
    Tausyiah
    Selasa, 14 September 2021 - 22:32 WIB
    Ada tiga golongan manusia yang dipandang Allah kelak di Padang Mahsyar? Berikut penjelasan Syekh Ridwan Al-Amri dalam satu kajian di Majelis Rasulullah.
  • Yajuj dan Majuj Tercipta dari Mimpi Basah Nabi Adam?
    Tausyiah
    Selasa, 14 September 2021 - 16:06 WIB
    Yajuj dan Majuj dari Adam. Hal ini terjadi karena Adam bermimpi basah lalu spermanya bercampur dengan tanah kemudian Allah menciptakan Yajuj dan Majuj dari sperma itu.
  • Isa bin Maryam Memberi Gambaran Tentang Yajuj dan Majuj Jelang Hari Kiamat
    Tausyiah
    Senin, 13 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul Dahsyatnya Hari Kiamat memaparkan sejumlah hadis yang menerangkan tentang penjelasan Isa bin Maryam terkait turunnya Yajuj dan Majuj menjelang hari kiamat.
  • Kiamat Sudah Dekat: Yajuj dan Majuj Saban Hari Melubangi Dinding Pembatas
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 19:53 WIB
    Kisah Dzulqarnain dan berita mengenai pembangunan dinding dari besi dan tembaga di antara dua gunung sehingga menjadi satu dinding penghalang telah disampaikan Allah dalam QS Al-Anbiya: 96-97.
  • Kemunculan Yajuj dan Majuj Jelang Kiamat Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 17:30 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan ayat-ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang kemunculan Yajuj dan Majuj menjelang hari kiamat. Ayat-ayat itu antara lain pada surat Al-Anbiya ayat 96-97 dan Al-Kahfi: 92-99.
  • Sifat al-Masih Isa bin Maryam Rasul Allah dan Sifat Manusia Jelang Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 08 September 2021 - 05:15 WIB
    Dadalam buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir dipaparkan sejumlah hadis yang menerangkan perihal sifat al-Masih Isa bin Maryam dan sifat manusia akhir zaman.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (6): Pernyataan Nabi Isa tentang Hari Akhir dan Dajjal
    Tausyiah
    Selasa, 07 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadis yang menerangkan bahwa para nabi bersudara. Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling berhak atas Isa bin Maryam.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (5): Turunnya Isa dan Hal-hal Aneh Sebelum Kiamat
    Tausyiah
    Senin, 06 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan kejadian-kejadian aneh sebelum terjadinya kiamat, terkait turunnya Nabi Isa ke bumi. Hal itu dipaparkan dalam sejumlah hadits
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (4): Perihal Turunnya Isa ke Bumi Pada Akhir Zaman
    Tausyiah
    Sabtu, 04 September 2021 - 18:46 WIB
    Dalam buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir dipaparkan sejumlah ayat dan hadis yang menceritakan turunnya Isa AS ke bumi sebelum kiamat datang.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (3): Hadits yang Tertolak tentang Dajjal
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 10:26 WIB
    Buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir memaparkan dua hadits tentang Dajjal dengan opini Syaikh adz Dzahab. Ini yang disebutnya sebagai hadits yang tertolak,
  • Dahsyatnya Hari Kiamat (2): Berita Aneh dan Kabar Asing
    Tausyiah
    Kamis, 02 September 2021 - 09:15 WIB
    Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul Dahsyatnya Hari Kiamat memaparkan hadis tentang detik-detik menjelang terjadinya kiamat: dari munculnya Dajjal, matahari terbit dari barat, dan seterusnya.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat: Sifat-Sifat Dajjal, Menurut Ibnu Katsir
    Tausyiah
    Rabu, 01 September 2021 - 15:02 WIB
    Dajjal itu buta sebelah matanya, berkilau, dan hina. Ia juga berambut lebat. Dalam berbagai hadis disebutkan bahwa ia pendek dan di hadis lain tinggi
  • Kisah Yajuj Majuj di Surat Al-Kahfi dan Penjara Dzulqarnain Raja yang Saleh
    Tausyiah
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 13:59 WIB
    Kisah Yajuj Majuj di Surat Al-Kahfi ayat 83-99 merupakan kisah dengan tokoh utama Dzulqarnain, raja yang saleh, wali Allah yang adil lagi berilmu.
  • Kemunculan Corona Tanda Kecil Kiamat Bakal Terjadi, Benarkah Demikian?
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 14:35 WIB
    Wabah Corona telah merenggut banyak nyawa di dunia termasuk di Indonesia. Kemunculan virus ini disebut sebagai satu tanda-tanda kecil Kiamat akan terjadi. Benarkah demikian?
  • Tanda-Tanda Kiamat: Yang Kecil Sudah Bermunculan, Tunggu yang Besar
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 19:09 WIB
    Tanda-tanda kiamat sudah bermunculan. Hanya saja, soal kapan datangnya hari akhir itu tidak ada seorang pun yang mengetahui, baik malaikat, nabi, maupun rasul. Kiamat adalah perkara ghaib dan hanya diketahui Allah SWT.