Topik Terkait: Takdir Buruk

  • Makna Ucapan Umar bin Khattab, Lari dari Takdir Tuhan kepada Takdir-Nya yang Lain
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
  • Ketika Hidup Mengalami Takdir Buruk, Begini 6 Pandangan Imam Ibnul Qayyim
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 20:47 WIB
    Allah taala telah menetapkan takdir manusia di dunia, ada takdir yang baik dan takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Ketika Takdir Menjadi Komoditas Politik Muawiyah
    Tausyiah
    Senin, 25 Juli 2022 - 18:45 WIB
    Tatkala Muawiyah bin Abi Sufyan menggantikan Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah, ia menulis surat kepada salah seorang sahabat Nabi, menanyakan, Apakah doa yang dibaca Nabi setiap selesai sholat?
  • Ketika Doa Bisa Mengubah Takdir dan Kebaikan Memperpanjang Umur
    Hikmah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 16:09 WIB
    Takdir merupakan sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT. Lalu, benarkah bisa berubah? Bukankah takdir seseorang telah ditetapkan ketika manusia berumur empat bulan di kandungan?
  • 4 Macam  Penulisan Takdir Manusia yang Penting Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 13:58 WIB
    Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui manusia sebagaimana diterangkan dalam ringkasan Hadis Arbain An-Nawawi yang disyarah oleh Syekh Sholeh Alu Sayikh dan disusun Ustaz Abu Isa Abdulloh bin Salam
  • Doa agar Terhindar dari Nasib Buruk dan Doa Dinasibkan yang Baik
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:28 WIB
    Doa agar terhindar dari nasib buruk serta doa agar selalu dinasibkan yang baik, penting diketahui diamalkan kaum muslim. Bagaimana bacaan dan lafaz doanya?
  • Takdir Manusia di Lauhul Mahfuzh dan Doa Umar Bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 20:37 WIB
    Semua kejadian di alam ini termasuk takdir manusia telah ditetapkan dan tertulis di Lauhul Mahfuzh. Setiap hari Allah memeriksanya sebanyak 360 kali pemeriksaan.
  • Doa Memohon Takdir yang Baik Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Sebagai muslim, kita selalu berharap mendapatkan takdir yang baik serta mendapatkan pertolongan dari Allah taala. Dan, takdir seseorang dapat diubah menjadi lebih baik, bila kita selalu menyelipkan doa-doa yang tulus dan terus berikhtiar.
  • Khasiat Surah An-Nur, Bisa Menangkal Mimpi Buruk
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 16:15 WIB
    Barangsiapa meletakkannya di tempat tidurnya maka dia tidak akan bermimpi buruk. Tulis di bejana tembaga lalu diminumkan pada hewan yang sakit dan dipercikkan airnya padanya maka hewan itu akan sembuh.
  • Apakah Amal Bisa Mengubah Takdir?
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 13:30 WIB
    Ada pertanyaan menarik dari salah satu jamaah Ustaz Farid Numan Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) yang bertanya tentang takdir (ketetapan) Allah.
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • 6 Pandangan Menyikapi Takdir Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
    Takdir manusia di dunia sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa taala, bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia. Ada takdir yang baik, begitu juga ada takdir yang buruk.
  • Mau Tahu Manusia Paling Buruk di Dunia? Inilah Jawaban Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 15 November 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, menikah atau pernikahan merupakan penyempurna dari separuh agamanya. Namun, ada satu perbuatan yang membuat suami istri menjadi manusia paling buruk. Siapa dia?
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.
  • Doa Mimpi Buruk dan Sunnah-sunnahnya
    Tips
    Rabu, 22 September 2021 - 17:49 WIB
    Doa mimpi buruk perlu diketahui kaum muslimin berikut sunnah-sunnah yang harus dilakukan ketika mengalaminya. Berikut doa dan amalan sunnahnya.
  • Dialog tentang Takdir antara Imam Chirri dan Prof Wilson
    Tausyiah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:55 WIB
    Prof Wilson mengatakan ayat-ayat ini menunjukkan pertentangan dengan ayat-ayat yang anda kutip. Ini menyebabkan keragu-raguan dan melahirkan sebuah dilemma (masalah).
  • Doa  yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Dijauhkan dari Akhlak Buruk 
    Tips
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:45 WIB
    Doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar kita dijauhkan dari memiliki akhlak atau tabiat yang buruk. Doa ini merupakan salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Tirmidzi dan An-Nasa.
  • Doa Ketika Mengalami Mimpi Baik dan Mimpi Buruk
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 18:23 WIB
    Ketika mengalami mimpi baik itu mimpi buruk atau mimpi baik, kita dianjurkan untuk berdoa. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita pun diperintahkan berdoa
  • Pesan Imam Ibnul Qayyim Ketika Ditimpa Takdir yang Buruk
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 15:27 WIB
    Takdir manusia sudah ditentukan Allah Subhanahu wa taala, baik takdir yang baik maupun takdir yang buruk.Lantas bagaimana sikap seorang muslim terhadap ketentuan takdir ini, terutama jika harus mengalami takdir yang buruk?
  • Khutbah Jumat: Wabah Covid-19,  Terapi  Pencegahan Menurut Islam
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 20:42 WIB
    Teks khutbah jumat seputar wabah Covid-19 dan bagaimana sikap seorang muslim. Pengobatan penyakit dalam Islam mencakup terapi preventif dan terapi kuratif. Apa itu?