Topik Terkait: Disiplin Waktu

  • Mengenal Waktu Tahrim, Waktu-waktu yang Dilarang Mendirikan Sholat
    Tips
    Senin, 09 Mei 2022 - 14:41 WIB
    Islam telah menetapkan waktu-waktu terlarang mendirikan shalat, yakni waktu tahrim. Waktu tersebut penting diketahui, agar setiap muslim tidak keliru dan salah menerapkannya. Kenapa demikian?
  • Waktu Utama Melaksanakan Sahur
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Ketika melaksanakan ibadah puasa, salah satu sunnah yang dianjurkan adalah makan sahur. Di bulan Ramadan ini, melaksanakan sahur juga memiliki banyak keutamaan. Lantas, kapan waktu utama melaksanakan sahur tersebut?
  • 4 Waktu Paling Berharga, Siapa yang Menjaganya Hidupnya Akan Berkah
    Tausyiah
    Rabu, 14 September 2022 - 22:08 WIB
    Ulama kharismatik Yaman Habib Umar bin Hafiz dalam satu kajiannya menyebutkan empat waktu paling berharga dalam sehari semalam. Siapa yang menjaganya maka ia akan beruntung.
  • Cara Memanfaatkan Waktu di Dunia Menurut Pandangan Ulama
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 09:19 WIB
    Singkatnya waktu di dunia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum muslim. Para ulama merupakan teladan kita dalam masalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di dunia ini
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Allah Langsung Berikan Ampunan
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 03:00 WIB
    Anjuran untuk memperbanyak istighfar di waktu sahur, selaras dengan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tentang turunnya Allah ke langit dunia:
  • Perhatikan Waktu
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 05:43 WIB
    Waktu adalah sesuatu yang terpenting untuk diperhatikan. Jika ia berlalu tak akan mungkin kembali. Setiap hari dari waktu kita berlalu, berarti ajal semakin dekat. Umur merupakan nikmat yang seseorang akan ditanya tentangnya.
  • Kapan Waktu yang Tepat Mengamalkan Zikir Pagi dan Sore?
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 09:33 WIB
    Ada juga bacaan yang sangat perlu dibiasakan untuk dibaca oleh setiap muslim, yakni bacaan zikir pagi dan sore. Di kalangan para santri, zikir pagi dan sore sering disebut dengan istilah zikir shobah dan masa.
  • Inilah Waktu Sahur yang Dilakukan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Kapan waktu makan sahur Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam? Dan ternyata inilah waktu sahur Rasulullah SAW seperti diterangkan dalam hadis Anas bin Malik radhiyallahuanhu.
  • Faedah Luar Biasa Istighfar di Waktu Sahur, Yuk Amalkan!
    Hikmah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 03:05 WIB
    Memperbanyak istighfar di waktu sahur memiliki faedah yang luar biasa dahsyatnya. Karena, waktu sahur merupakan waktu mustajab untuk berdoa.
  • Inilah Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 17:57 WIB
    Ketika berdoa atau bermunajat tentu kita harus mengetahui kapan waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Dalam berbagai riwayat, Rasulullah SAW memberitahukan waktu-waktu mustajab tersebut.
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Sayang Kalau Dilewatkan
    Muslimah
    Senin, 19 April 2021 - 17:15 WIB
    Di waktu sahur di bulan Ramadhan ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Salah satunya adalah memperbanyak istighfar. Sayangnya, amalan satu ini sering terabaikan.
  • Waktu Mustajab Berdoa Setelah Sholat Ashar di Hari Jumat, Segera Amalkan!
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 12:15 WIB
    Ternyata ada satu satu waktu dalam satu kali 24 jam pada hari Jumat ini yang mustajab untuk dibuat berdoa. Waktu tersebut dirahasiakan oleh Allah Taala sebagaimana Allah merahasiakan Lailatul Qadar.
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Faedahnya Luar Biasa
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 15:34 WIB
    Waktu sahur merupakan waktu mustajab untuk berdoa, salah satunya dianjurkan untuk memperbanyak istighfar. Sayangnya, amalan satu ini sering terabaikan atau dilalaikan, padahal manfaat dan efeknya sangat luar biasa bagi yang mengamalkannya.
  • Bersetubuh di Waktu Sahur dan Mandi Wajib Setelah Subuh, Bolehkah?
    Tips
    Kamis, 22 April 2021 - 03:00 WIB
    Bersetubuh di waktu Sahur adalah pertanyaan yang sering muncul di setiap Ramadhan. Banyak bertanya apakah boleh bersetubuh kemudian mandi wajib setelah Subuh?
  • Dahsyatnya Keutamaan Waktu Sahur dan Subuh, Begini Penjelasan
    Tips
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:02 WIB
    Dahsyatnya keutamaan waktu sahur dan subuh banyak dijelaskan dari berbagai hadis. Dua waktu tersebut, dalam Islam disebutkan sebagai waktu yang penuh limpahan keberkahan. Kenapa demikian?
  • Inilah Doa Para Nabi dan Sahabat pada Waktu Sahur
    Tips
    Kamis, 07 April 2022 - 04:00 WIB
    Waktu sahur adalah saat dimana Allah Azza wa Jalla menurunkan rahmat dan mengabulkan doa dan istighfar hamba-Nya. Inilah doa para Nabi dan sahabat di waktu sahur.
  • Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Senin, 10 Mei 2021 - 11:00 WIB
    Sebagaimana kita ketahui, sedekah dapat menolak bala atau kejahatan, membawa keberkahan pada harta, penawar penyakit yang diderita dan balasan kebaikan lainnya. Lalu, adakah waktu khusus untuk bersedekah?
  • Jangan Sampai Keliru, Ini Batas Waktu Sholat Maghrib dan Isya
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 22:39 WIB
    Salah satu syarat sah dan diterimanya sholat adalah dikerjakan pada waktunya. Berikut batasan waktu sholat Maghrib dan Isya sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Nabi.
  • Awal dan Batas Akhir Waktu Sholat Zuhur
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 08:05 WIB
    Sholat merupakan kewajiban bagi setiap mukmin dan wajib memelihara waktunya sebagaimana ditetapkan oleh syariat. Berikut batas akhir waktu sholat Zuhur.
  • Mustajabnya Doa di Waktu Buka Puasa dan Waktu Sahur, Jangan Lupa Amalkan!
    Tausyiah
    Senin, 11 Maret 2024 - 12:51 WIB
    Semua waktu di bulan Ramadan adalah waktu mustajab untuk berdoa. Namun ada dua waktu yang jangan dilewatkan untuk berdoa terlebih dahulu, yang doanya langsung menembus langit, yakni waktu saat berbuka puasa dan waktu sahur