Topik Terkait: Syariat Menikah

  • Ingin Menikah? Inilah 9 Hadis tentang Pernikahan yang Menganjurkannya
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 05:35 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara pemuda dan pemudi dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Kewajiban Istri dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 08:14 WIB
    Dalam Islam pernikahan merupakan salah satu ladang pahala bagi suami dan istri. Bagi suami ada peran dan kewajiban sebagai kepala keluarga.. Begitu juga ada kewajiban yang harus dilakukan seorang istri.
  • Benarkah Muharam Bulan Terlarang untuk Menikah?
    Muslimah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 12:23 WIB
    Bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa, menikah di bulan Muharam ternyata sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Etika dan Kriteria Fashion Muslimah yang Sesuai Syariat
    Muslimah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 15:04 WIB
    Beragam model dan warna menghiasi tren busana muslimah dari tahun ke tahun. Bagaimana sebenarnya syariat Islam memandang soal fashion muslimah ini?
  • Menanamkan Jiwa Kreatif Anak Sesuai Syariat
    Muslimah
    Senin, 07 Desember 2020 - 14:37 WIB
    Di tengah tantangan zaman dan perkembangan ilmu pengentahuan serta teknologi yang sangat pesat hari ini, maka generasi yang kreatif sangat dibutuhkan
  • Benarkah Rajab Bulan Istimewa untuk Menikah?
    Muslimah
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 17:04 WIB
    Salah satu keutamaan bulan Rajab, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya. Benarkah demikian?
  • Mengawal Perkembangan Remaja Sesuai Tuntunan Syariat
    Muslimah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:22 WIB
    Setiap nanusia akan melewati fase-fase kehidupan, artinya ada perkembangan yang terjadi. Demikian juga, dengan anak-anak kita mengalami fase-fase perkembangan tersebut.
  • Jangan Takut Menikah! Ini Janji Allah dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 00:03 WIB
    Bagi yang belum menikah atau punya keinginan untuk menikah, ada baiknya menyimak firman Allah berikut. Allah menjanjikan kecukupan rezeki bagi mereka yang menikah.
  • Hukum Syariat Tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 18:30 WIB
    Rambut wanita merupakan perhiasan yang tidak tampak bagi muslimah, dan dianjurkan syariat untuk dirawat dengan baik. Apalagi bila perhiasan ini tujuan untuk diperlihatkan atau untuk menyenangkan suaminya.
  • Ingin Curhat? Carilah Tempatnya Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Status medsos rata-rata isinya tentang curhatan kegalauan hidup, uneg-uneg, masalah teman, guru bahkan masalah rumah tangga pun diceritakannya di sana. Tak peduli apakah itu aib atau bukan.
  • Ingin Diet? Yuk, Lakukan Sesuai Petunjuk Syariat
    Muslimah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 14:20 WIB
    Dalam ajaran Islam memiliki kesehatan dan postur ideal untuk tubuh adalah hal yang dianjurkan. Namun Islam juga tidak membenarkan jika cara diet yang dilakukan terlalu berlebihan apalagi menggunakan bahan-bahan yang haram.
  • Pentingnya Mengajarkan Anak Tentang Cinta Syariat Sejak Dini
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 18:33 WIB
    Menanamkan akidah yang kuat adalah tugas pokok orangtua, karena merekalah yang sangat mempengaruhi tumbuh dan kembangnya pondasi agama dalam diri seorang anak.
  • Hukum Menikah di Bulan Syawal antara Mitos Jahiliyah dan Sunah Rasul
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 20:05 WIB
    Pada zaman jahiliyah, orang-orang Arab menghindari menikah di bulan Syawal. Mereka menganggap Syawal sebagai bulan yang kurang baik. Mempelai bisa-bisa akan mengalami kesulitan.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Begini jika Syariat Dipraktikkan oleh yang Bukan Ahlinya
    Tausyiah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf Qardhawi mengatakan syariat Islam tidak mungkin diterapkan dengan penerapan yang sebenarnya kecuali oleh orang-orang yang beriman (percaya) terhadap kesuciannya.
  • Jangan Menikah untuk Cari Kaya dan Kemuliaan, Ini Akibatnya
    Tausyiah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:39 WIB
    Menikah adalah sunnah Nabi dan perintah syariat. Bagi muslim yang ingin menikah hendaknya meluruskan niatnya, jangan menikah untuk mencari kekayaan atau kemuliaan.
  • Corona Mewabah, Media-media di Prancis Puji Syariat Islam
    Hikmah
    Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:32 WIB
    Di tengah merebaknya virus Corona, media-media di Prancis memuji syariat Islam karena dinilai bermanfaat untuk menghindari dan mengantipasi penyakit menular seperti Corona.
  • Inilah Etika Persahabatan Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 18:16 WIB
    Bergaul dengan teman yang baik, niscaya akan mengantarkan kita pada perbuatan yang baik pula. Sebab, teman yang baik akan senantiasa memberikan sesuatu yang terbaik. Karena itu, janganlah teman yang seperti ini disakiti.
  • Ketika Suami Istri Harus LDR, Bagaimana Aturannya Menurut Syariat?
    Muslimah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 05:10 WIB
    Pernikahan dalam Islam, bukan hanya pengaturan soal keuangan dan fisik semata, tapi lebih dari itu merupakan kontrak suci, anugerah dari Allah Subhanahu wa taala, untuk bisa hidup bahagia, hidup menyenangkan dan meneruskan garis keturunan.
  • Perempuan dalam Keluarga Menurut Syariat: Berhak Memilih Suami dan Meminta Cerai
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 11:27 WIB
    Islam menegaskan bahwa wanita berhak memilih suami dan berhak meminta cerai jika dia memang tidak menyukai suaminya, walaupun dia tidak dirugikan oleh suaminya.
  • Muslimah Suka Berhias? Hindari 7 Cara Ini karena Dilarang Syariat
    Muslimah
    Senin, 27 Februari 2023 - 13:14 WIB
    Sebagian besar kaum muslimah pasti senang berdandan atau berhias. Namun ternyata, dalam syariat Islam ada cara berhias atau berdandan yang justru dilarang dan haram hukumnya. Berhias seperti apa dan bagaimana dalilnya?