Kumpulan Artikel: Idries Shah (halaman 3)

  • Kisah Sufi: Pelajaran untuk Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:37 WIB
    Versi ini muncul dalam sebuah tulisan darwis pengembara yang dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaih dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Kisah Sufi: Mencari Makna Ular dan Merak
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:32 WIB
    Merak diartikan juga sebagai perhiasan, sedangkan bentuk huruf Ular sama dengan bentuk huruf kata organisme dan kehidupan. Ini erkait dengan perlambangan samar Pemujaan Malaikat Merak Kaum Yezidi.
  • Kisah Sufi Bayazid Al-Bustami: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 19:27 WIB
    Kisah ini karya Abu Yazid Taifur bin Isa Surusyan, juga dikenal dengan Bayazid. Dia dikenal sebagai salah seorang sufi kenamaan Persia abad ke-III dari Bistam wilayah Qum, lahir pada tahun 874 M dan wafat pada usia 73 tahun.
  • Mengenal Ajaran Sufi Pengelana Syaikh Sadi Asy-Syirazi
    Hikmah
    Senin, 07 November 2022 - 16:36 WIB
    Pada masa hidupnya, Sadi adalah seorang Darwis yang senantiasa berkelana. Ia pernah ditangkap bala tentara Perang Salib dan disuruh menggali parit sedemikian dalam.
  • Kisah Penantian Orang yang Suka Tidur di Gerbang Surga
    Hikmah
    Minggu, 06 November 2022 - 19:22 WIB
    Kisah berikut merupakan bahan ajaran darwis yang disukai. Walaupun dikenal sebagai cerita rakyat, asal usulnya tidak diketahui. Beberapa orang menganggapnya berasal dari Hadrat Ali, Khalifah Keempat.
  • Kisah 3 Orang Tuli dan Darwis Bisu, Ketika Kata-Kata Tidak Berguna
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 12:28 WIB
    Kisah 3 orang tuli dan darwis bisu memberi pelajaran bagi kita bahwa kata-kata kadang merupakan bentuk komunikasi yang tidak berguna, bahwa orang mungkin lebih baik tidak pernah mengucapkannya!
  • Kisah Tukang Kayu Bernama Nazhar bin Yusuf dalam Ajaran Tarekat Suhrawardiyah
    Hikmah
    Selasa, 01 November 2022 - 17:10 WIB
    Syaikh Ziauddin Jahib Suhrawardi mengikuti disiplin Sufi kuno. Junaid al-Baghdadi, dianggap sebagai pendiri tarekat ini pada abad ke-11. Guru-guru Suhrawardi diterima oleh pengikut Naqsyabandi.
  • Kisah Tujuh Bersaudara yang Mengemban Tugas dari sang Ayah
    Hikmah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 08:18 WIB
    Kisah tujuh orang bersaudara ini diyakini sebagai salah satu materi yang mewakili instruksi dan tradisi Chisytiyah, sebuah tarekat yang didirikan Khwaja (Guru) Abu Ishaq Chisyt.
  • Raja Ingin Menjadi Dermawan dan Kisah Hatim Al-Taeei
    Hikmah
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:56 WIB
    Kisah tradisional ini, yang terutama dikenal oleh banyak pembaca lewat karya klasik Urdu, Kisah Empat Darwis, secara ringkas menggambarkan ajaran-ajaran penting Sufi.
  • Roti dan Permata: Kisah Raja yang Tanpa Pamrih Mendermakan Sebagian Kekayaannya
    Hikmah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:29 WIB
    Nasihat lapis pertama kisah ini adalah bahwa ketika manusia diberi sesuatu yang bernilai besar bagi masa depannya, ia tidak mempergunakannya dengan cukup baik
  • Kisah Nelayan Temukan Jin dalam Botol Bermaterai Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Senin, 26 September 2022 - 15:51 WIB
    Idries Shah menjelaskan kisah ini, dalam satu versi, sangat dikenal oleh para pembaca Arabian Nights. Bentuk yang ditampilkan di sini menunjukkan pemanfaatannya oleh para darwis.
  • Kisah Pengembara yang Pindah dari Satu Agama ke Agama Lain
    Hikmah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:13 WIB
    Wahai pengembara, aku khawatir engkau tidak akan sampai ke Mekkah --sebab jalan yang kau tempuh menuju Turkistan, demikian Idries Shah menukil Syekh Sadi saat memulai tulisannya Pencari Ilmu.
  • Idries Shah: Praktik dan Pemikiran Sufi Mirip Peribadatan Zen Buddhist Jepang
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:04 WIB
    Ada suatu kemiripan yang sangat menarik antara praktik dan pemikiran sufi dengan peribadatan tidak lazim yang menurut orang merupakan suatu tipe kultus Budhistik, yaitu Zen yang dipraktikkan di Jepang.
  • Idries Shah: Ada Hubungan Pemikiran Hindu dan Ajaran Sufi
    Hikmah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:17 WIB
    Sebenarnya selama 1000 tahun telah berlangsung pertukaran gagasan yang intens antara para sufi dan mistik Hindu sebelum sarjana Barat tertarik pada mistisisme India.
  • Ketika Pendiri Agama Sikh Akui Berutang Budi pada Sufisme
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 19:08 WIB
    Menurut sebuah fakta sejarah, agama Sikh didirikan oleh Guru Nanak, seorang sufi Hindu, yang secara terus terang mengakui berutang budi pada sufisme.
  • Sufisme Pengaruhi Kehidupan Mistik di India
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Pengaruh sufisme terhadap kehidupan mistik di India sangat kuat sehingga beberapa mazhab mistik yang dianggap sebagai produk Hinduisme kuno dinyatakan oleh para peneliti bersumber pada ajaran sufi.
  • Tafsir Idries Shah atas 2 Kisah Sufi Mullah Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:51 WIB
    Idries Shah menafsirkan dua kisah sufi Mullah Nashruddin menjadi sesuatu yang menarik. Bukan sekadar lelucon yang penuh sindiran. Menurutnya, Mullah Nashruddin tidak merusak kaidah-kaidah zamannya.
  • Sebuah Dongeng Idries Shah: Orang-Orang Pulau
    Hikmah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 10:32 WIB
    Idries Shah mengatakan para sufi menggunakan berbagai simbol rahasia untuk menyampaikan maksud mereka. Berikut ini, Idries Shah memaparkan satu dongeng bertajuk Orang-Orang Pulau.
  • Teknik Cepat dari Tarekat Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:14 WIB
    Tidak ada aspek sufisme yang lebih memikat bagi orang yang tidak sabar selain kecepatan. Minat dan kegemaran yang sangat kuat ini telah muncul sejak teknik cepat dari tarekat sufi ini telah dibawa ke India oleh Syekh Syattar.
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin: Ia yang Jatuh, tetapi Justru Leherku yang Patah!
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:03 WIB
    Pernyataan Mullah Nashruddin, ia yang jatuh, tetapi justru lehernya yang patah terungkap ketika guru sufi ini ditanya perihal hukum sebab akibat oleh muridnya.