Kumpulan Artikel: Idries Shah (halaman 4)

  • Al-Quran Dokumen Rahasia yang Mengandung Ajaran Sufi
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 10:31 WIB
    Para teolog cenderung beranggapan bahwa interpretasi Al-Quran hanya bisa diterima jika sejalan dengan cara agama konvensional. Bagi para sufi klasik, Al-Quran merupakan dokumen rahasia.
  • Kisah Mullah Nashruddin yang Diklaim Sebagai Warisan Kebudayaan Yunani
    Hikmah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:36 WIB
    Mullah Nashruddin sudah menjadi milik lintas agama dan negara. Yunani mengklaim sang mullah yang sufi satirikal ini sebagai bagian dari warisan kebudayaannya.
  • Tuntutlah Ilmu Sekalipun ke Negeri China, Bukan Hadis tapi Ungkapan Para Sufi
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 10:57 WIB
    Kalimat carilah ilmu, bahkan sampai ke Negeri China yang banyak diklaim sebagai hadis Nabi SAW oleh sejumlah dai ternyata ungkapan yang seringkali diucapkan kalangan sufi.
  • Kisah Sufi yang Cerdik Kalahkan Setan Raksasa Jahat
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 11:55 WIB
    Versi ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis) yang aslinya ditulis oleh Hikayati pada abad ke-11, menurut kolofon, tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini ia berasal dari abad ke-16.
  • Kisah Sufi Syeh Amir-Sayed Kulal Sokhari: Tuan Rumah dan Tamu
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 09:52 WIB
    Kisah berikut merupakan salah satu kisah Sufi yang mengandung pembatasan. Tidak boleh dipelajari terpisah, dan di manapun cerita ini dituliskan, seorang murid harus membaca kisah berikutnya.
  • Kisah Sufi Shah Muhammad Gwat Shattari: Mimpi dan Sepotong Roti
    Hikmah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 14:38 WIB
    Kisah ini salah satu yang dianggap menjadi karya Shah Muhammad Gwat Shattari. Beliau adalah dalah guru pendiri tidak kurang dari 14 tarekat dan sangat dihormati oleh Maharaja India, Humayun.
  • Kisah Sufi Majnun Qalandar: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 10:59 WIB
    Kisah Anjing dan Keledai ini yang menyerupai salah satu kisah Jalaluddin Rumi, adalah fabel dari koleksi terkenal milik Majnun Qalandar. Beliau menceritakan kisah teladan di pasar-pasar.
  • Kisah Sufi Khwaja Ali Ramitani: Cara Menangkap Kera
    Hikmah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Kisah ini adalah salah satu dari kisah-kisah dalam kumpulan Buku Amu Daria (The Book of Amu Daria). Versi ini dikisahkan oleh Khwaja Ali Ramitani, yang wafat tahun 1306.
  • Kisah Sufi Sayed Shah Qadiri: Jalan Gunung
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:54 WIB
    Kepercayaan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang lain. Mereka yang mampu memiliki kepercayaan yang sebenarnya adalah yang pernah mengalami sesuatu
  • Kisah Sufi Syaikh Qolandar Shah: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 16:32 WIB
    Kisah yang menggambarkan subjektivitas otak manusia ini dikutip dari kitab ajaran Asrar-I-Khilwatia (Rahasia Para Pertapa) karya Syaikh Qolandar Shah.
  • Kisah Sufi Faridudin Attar: Semut dan Capung
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:44 WIB
    Kisah ini diriwayatkan oleh seorang darwis Bokhara dekat makam Al-Shah, Bahaudin Naqshabandi ini mirip dalam Divine Book karya Faridudin Attar, walaupun dalam penerapannya sedikit berbeda.
  • Kisah Sufi Namus si Cerdik dan Gajah
    Hikmah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 13:45 WIB
    Kisah ini sekilas tampak sebagai ilustrasi tajam tentang kesia-siaan hidup. Bagi seorang Sufi,penafsiran semacam itu hanya bisa muncul karena ketidakpekaan pembaca.
  • Kisah Sufi Suhrawardi: Burung dan Telur
    Hikmah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 13:18 WIB
    Kisah ini terdapat dalam beragam bentuk pada versi-versi yang berbeda dari karya Suhrawardi, Awarif al-Maarif pada abad kedua belas, dan mengandung berbagai pesan.
  • Kisah Sufi Ibrahim Khawwas tentang Sifat Murid
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 12:50 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Kisah Sufi Amir Sulan: Putra Raja Bernama Dhat
    Hikmah
    Minggu, 02 Januari 2022 - 07:07 WIB
    Kisah ini dikutip dari sebuah cerita yang dianggap berasal dari Amir Sultan, Syaikh dari Bokhara, yang mengajar di Istanbul dan meninggal pada tahun 1429.
  • Kisah Sufi Ajaran Guru Hamadani: Minuman Surgawi Bernama Teh
    Hikmah
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 13:56 WIB
    Kisah ini berasal dari ajaran Guru Hamadani. Berbagai macam minuman sering digunakan oleh para bijaksana sebagai alegori untuk pencarian atas pengetahuan yang lebih agung.
  • Kisah Sufi Abdur-Rahtuan Jami: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:45 WIB
    Kisah ini juga dalam kumpulan lelucon Mulla Nasruddin. Kisah ini termuat dalam karya klasik spiritual Salaman dan Absal karya penulis dan ahli mistik abad kelima belas, Abdur-Rahtuan Jami.
  • Sayed Imam Ali Shah: Sufi Waktu, Tempat, dan Orang
    Hikmah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini berasal dari ajaran Sayed Imam Ali Shah, yang wafat pada tahun 1860 dan dimakamkan di Gurdaspur, India. Dia adalah guru dari tarekat Naqshbandi.
  • Attar Divine Book: Anjing, Tongkat, dan Sang Sufi
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 17:03 WIB
    Kisah berikut diambil dari karya Attar Divine Book beredar di kalangan para darwis dari Jalan Kesalahan dan dianggap berasal dari Hamdun Si Pengelantang, pada abad ke-19.
  • Kisah Sufi Tarekat Asaaseen: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Senin, 27 Desember 2021 - 11:49 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.