Topik Terkait: Menjaga Salat

  • Menjaga Rasa Malu
    Muslimah
    Selasa, 21 September 2021 - 18:18 WIB
    Rasa malu dalam diri kaum wanita saat ini sepertinya sudah kian memudar. Bahkan seorang muslimah yang berhijab pun tidak malu-malu lagi untuk pamer auratnya dengan berjoget di sebuah aplikasi gadget, narsis dan lain-lain.
  • Ini Pentingnya Menjaga Pandangan bagi Perempuan
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:51 WIB
    Bukan hanya kaum laki-laki yang harus menjaga pandangan, tapi juga kaum perempuan. Bahkan, tidak selalu perempuan belum menikah yang sulit menjaga pandangan, namun juga perempuan-perempuan sudah menikah
  • Tumaninah dalam Salat, Rukun Salat yang Sering Dilalaikan
    Tips
    Jum'at, 03 November 2023 - 13:15 WIB
    Tumaninah atau tenang ketika salat adalah salah satu rukun dari rukun-rukun salat. Tidak sah salat apabila tidak tumaninah. Kenapa demikian?
  • Keutamaan Luar Biasa dari Perintah Menjaga Pandangan
    Hikmah
    Jum'at, 03 November 2023 - 10:24 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan Allah Subhanhau wa taala kepada para hamba-hambaNya. Menjaga pandangan dalam hal ini dimaksudkan untuk menjaga mata dalam memandang sesuatu yang dilarang oleh Allah Taala.
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • Menjaga Lisan dari 8 Perkara yang Menjerumuskan dalam Dosa Besar
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 10:06 WIB
    Dalam Islam, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk bisa menjaga lisan (ucapan). Karena dengan lisanlah surga dan neraka seseorang ditentukan.
  • Salat Istisqa dan Tata Caranya agar Hujan Segera Turun
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 08:20 WIB
    Cuaca panas dan kemarau tengah dirasakan sebagian wilayah Indonesia, karenanya salat istisqa atau salat meminta segera turun hujan penting diketahui umat Muslim berikut tata caranya.
  • Tata Cara dan Niat Salat Sunah Syawal
    Tips
    Kamis, 18 April 2024 - 12:57 WIB
    Tata cara dan niat salat sunah Syawal atau salat Utaqo dijelaskan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam kitabnya Al-Ghunyah juz 2, berdasarkan hadis Nabi dari Anas ra.
  • Salat Isyraq Dianjurkan untuk Kaum Wanita, Pahalanya Luar Biasa
    Muslimah
    Senin, 20 Mei 2024 - 10:15 WIB
    Seorang wanita muslimah sangat dianjurkan rutin melakukan salat sunnah pagi (salat Isyraq), terutama selesai salat subuh, membaca Al Quran dan berzikir sampai matahari terbit.
  • Tadabur Surat An-Nur Ayat 33 : Pentingnya Menjaga Kehormatan Sebelum Menikah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 11:37 WIB
    Jalan penting dan utama untuk orang-orang yang belum memiliki kemampuan untuk menikah adalah harus menjaga kehormatannya, di antaranya dengan menjaga pandangan mata, berpuasa, atau menyibukkan diri dengan aktifitas yang bermanfaat.
  • Masih Suka Menyepelekan Salat? Ini Balasannya di Dunia dan Akhirat
    Tausyiah
    Selasa, 14 Mei 2024 - 08:14 WIB
    Masih suka menggampangkan atau menyepelekan salat? Hati-hati, selain dosa ada balasan atau konsekuensi bagi pelakunya baik di dunia mauoun di akhirat kelak.
  • Menjaga Wudhu Demi Husnul Khotimah
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Mengerjakan wudhu, selain untuk salat juga disarankan di sela-sela aktivitas kehidupan lainnya. Ketika hendak berpergian, tidur dan sebagainya. Apabila kita sebagai muslim dapat menjaga kesucian maka insyaAllah akandilindungi oleh Allah Taala.
  • Bolehkah Salat Dhuha Dilakukan Berjamaah?
    Tausyiah
    Senin, 04 September 2023 - 08:05 WIB
    Bolehkah salat Dhuha dilaksanakan secara berjamaah? Bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, Salat Dhuha termasuk salat sunnah yang dianjurkan karena memiliki banyak fadhilah (keutamaan).
  • Begini Seharusnya Adab Muslimah jika Ingin Salat Berjamaah di Masjid
    Muslimah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:59 WIB
    Dalam rujukan kitab fiqh empat imam mazhab, disimpulkan bahwa salat di rumah bagi para perempuan terutama yang masih muda-muda lebih utama daripada salat di masjid menurut keempat ulama mazhab.
  • 4 Kiat agar Salat Tahajud Terasa Ringan, Nomor Terakhir Dinikmati dengan Hati
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Salat tahajud dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu salat isya hingga masuk waktu sholat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Gerhana Bulan
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 19:54 WIB
    Tata cara dan bacaan niat salat gerhana bulan, hendaknya dipahami dan diketahui kaum muslimin yang hendak melaksanakan salat gerhana bulan
  • Sejarah Diwajibkannya Salat, Awalnya Nabi Diajarkan 2 Rakaat Oleh Jibril
    Hikmah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Jauh sebelum peristiwa Isra dan Mikraj pada tahun ke-10 kenabian (ada yang menyebut tahun ke-8 masa kenabian), ibadah salat sudah diwajibkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
  • Keutamaan Salat Tarawih
    Hikmah
    Rabu, 16 Mei 2018 - 17:07 WIB
    Salat Tarawih adalah salat sunnah muakkadah yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadhan. Waktunya dikerjakan sesudah salat Isya&rsquo sampai terbitnya fajar yang menandakan masuknya subuh.
  • Pentingnya Menjaga Amal Agar Bisa Masuk Surga Tanpa Hisab
    Muslimah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 08:05 WIB
    Bagi umat Islam, surga hanya bisa diraih dengan ketaatan kepada Allah Taala saja. Dalam prosesnya menuju jannah (surga), Islam meyakini ada yang melalui hisab (perhitungan amal saat di dunia) dan ada yang masuk surga tanpa hisab.
  • Inilah Salat Sunah Antara Magrib dan Isya, Pahalanya Setara Ibadah 12 Tahun
    Tips
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 17:52 WIB
    Salat sunnah Awwabin adalah salat yang dikerjakan antara salat Maghrib dan Isya. Keutamaan salat ini diganjar dengan ibadah 12 tahun.