alexametrics

5 Ganjaran Orang yang Salat Berjamaah Tepat Waktu

loading...
5 Ganjaran Orang yang Salat Berjamaah Tepat Waktu
Amalan yang paling afdhol di sisi Allah Taala adalah melaksanakan salat berjamaah tepat waktu. Foto/Ist
Salat merupakan rukun Islam kedua dan menjadi kewajiban bagi setiap mukmin. Sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya salat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman." (QS. An Nisa': 103).

Dalam satu hadis yang mahsyur dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak dua puluh tujuh tingkatan". (HR. Muslim). (Baca Juga: Inilah 3 Amalan yang Paling Dicintai Allah)

Rasulullah SAW juga pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau menjawab, "Salat di awal waktunya." (HR. Abu Daud). Berikut ganjaran dan keutamaan bagi orang yang salat berjamaah tepat waktu:

1. Dicintai Allah Ta'ala
Salat merupakan amalan yang paling dicintai Allah melebihi berbakti pada orangtua dan berjihad. Rasulullah SAW bersabda: "Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah salat pada waktunya; berbakti kepada kedua orang tua, dan berjihad di jalan Allah." (HR. Bukhari dan Muslim). (Baca Juga: 7 Keutamaan Salat Shubuh Berjamaah di Masjid)



2. Dimasukkan ke Dalam Surga
Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib'iy bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Allah Ta'ala berfirman: 'Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu salat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga. Dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan".

3. Diampuni Dosanya
Salah satu fadhillah dan ganjaran bagi orang yang salat berjamaah pada waktunya dijelaskan dalam satu hadis. Rasululah SAW bersabda: "Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan salat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya." (HR. Ahmad).



4. Mendapat Pahala Kebaikan yang Amat Besar
Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan salat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala salat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak." (HR. Al-Bukhari).

5. Memperoleh 9 Kemuliaan
Sahabat Utsman bin Affan RA berkata: "Barang siapa selalu mengerjakan salat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakan nya dengan sembila macam kemuliaan, yaitu :
a). Dicintai Allah,
b). Badannya selalu sehat,
c). Keberadaannya selalu dijaga Malaikat,
d). Rumahnya diberkahi,
e). Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih,
f). Hatinya dilunakkan oleh Allah,
g). Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat,
h). Dia akan diselamatkan Allah dari api neraka,
i). Allah Akan menempatkannya di surga kelak Bertetangga dengan Orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi Mereka dan tidak pula bersedih Hati."

Selain kelima ganjaran di atas, Nabi SAW juga menyampaikan kabar gembira bagi orang yang melaksanakan salat berjamaah tepat waktu selama 40 hari tanpa ketinggalan takbiratul ihram bersama imam. Berdasarkan hadis Anas bin Malik. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang melaksanakan salat karena Allah Ta'ala selama empat puluh hari berjamaah, ia mendapatkan takbiratul ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara, yaitu dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan". (HR. At-Tirmidzi).
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
فَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يَّهۡدِيَهٗ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهٗ لِلۡاِسۡلَامِ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ اَنۡ يُّضِلَّهٗ يَجۡعَلۡ صَدۡرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَآءِ‌ؕ كَذٰلِكَ يَجۡعَلُ اللّٰهُ الرِّجۡسَ عَلَى الَّذِيۡنَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ
Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan hatinya untuk menerima Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-An’am:125)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak