Kumpulan Artikel: Mandi Besar

  • Kesunnahan Mandi Jumat yang Perlu Diketahui, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:31 WIB
    Mandi di hari Jumat adalah salah satu contoh mandi yang dianjurkan, disunnahkan dan mendapat pahala di sisi Allah subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Tata Cara Mandi Taubat untuk Pria dan Wanita Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:59 WIB
    Tata cara madi taubat untuk pria dan wanita lengkap dengan bacaan niatnya penting untuk dipahami kaum muslimin. Sebab, mandi tersebut bertujuan membersihkan diri dari hadas besar atau setelah melakukan tindakan tertentu.
  • Tahapan dan Tata Cara Bersuci Setelah Selesai Haid
    Muslimah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:46 WIB
    Dalam Islam, bersuci setelah haid atau dikenal dengan sebutan mandi haid, wajib dilakukan seorang muslimah agar dapat kembali melaksanakan ibadah salat dan puasa.
  • Tata Cara Mandi Wajib yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:02 WIB
    Inilah tata cara mandi wajib yang perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib atau disebut juga mandi janabah (junub) adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Tata Cara Mandi Junub Bagi Seorang Wanita, Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Muslimah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:52 WIB
    Tata cara mandi junub bagi seorang wanita wajib dilakukan usai haid. Mandi junub menjadi hal yang wajib dilakukan guna menyucikan diri dari hadas besar yang bisa membatalkan kegiatan beribadah.
  • Doa Mandi Nifas Beserta Caranya Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya
    Muslimah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 11:31 WIB
    Doa mandi nifas beserta caranya penting diketahui oleh kaum muslimah yang telah melahirkan. Nifas sendiri merupakan hadas besar yang harus disucikan dengan cara mandi besar (wajib) sebelum kembali memulai beribadah.
  • Niat dan Tata Cara Mandi Idulfitri dan Dalilnya
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 15:23 WIB
    Niat mandi Idulfitri adalah bacaan niat yang merupakan amalan sunnah untuk membersihkan dan menyucikan badan dari kotoran maupun najis yang menempel di anggota badan. Niat ini dibaca saat melaksanakan mandi sebelum berangkat sholat Idulfitri ke masjid, musala atau tanah lapang.
  • Hukum Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:54 WIB
    Ada kebiasaan di masyarakat kita jika menjelang atau memasuki bulan Ramadan, selalu melakukan ritual mandi besar atau istilahnya mandi keramas
  • Tata Cara Mandi Besar Menurut Ustaz Adi Hidayat
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 21:32 WIB
    Cara mandi besar menurut Ustaz Adi Hidayat (UAH) perlu kita simak. beliau menjelaskan tata cara mandi junub yang bersumber dari Kitab Shahih Muslim.
  • Inilah Perbedaan Mandi Junub dan Mandi Besar Setelah Haid. Muslimah Wajib Tahu!
    Muslimah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:25 WIB
    Ada perbedaan mendasar ketika melakukan mandi junub dan mandi besar setelah haid yang wajib muslimah ketahui. Dan hukum kedua mandi ini adalah wajib.
  • Doa Mandi Junub, Tatacara, Ketentuan, dan Jenis-Jenisnya
    Tips
    Rabu, 02 Juni 2021 - 13:00 WIB
    Doa mandi junub dilakukan setelah diri kita bersih alias sudah mandi wajib atau mandi junub. Lalu bagaimana ketentuan mandi junub sesuai dengan sunnah Nabi?
  • Mandi dan Keramas Menjelang Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 14:15 WIB
    Di Indonesia, biasanya ada suatu kebiasaan khusus yang dilakukan oleh masyarakat sebelum memasuki bulan Ramadhan yakni salah satunya adalah mandi besar atau istilahnya mandi keramas. Bagaimana hukumnya?
  • Mandi Besarnya Perempuan  dan Kunciran Rambut
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 08:10 WIB
    Mandi besarnya perempuan sama persis dengan mandi besarnya laki-laki. Hanya saja ada perbedaan dari sisi tidak wajibnya seorang perempuan membuka kunciran rambutnya saat mandi besar.
  • 7 Sebab Disunnahkan Melakukan Mandi Besar
    Muslimah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 07:12 WIB
    Mandi wajib (junub) merupakan mandi yang harus dilakukan untuk menghilangkan hadats besar atau hal-hal yang mewajibkannya. Namun, ada juga sebab-sebab lain yang disunnahkan seseorang untuk melakukan mandi besar ini.