Kumpulan Artikel: Sangkakala

  • Berapa Kali Tiupan Sangkakala pada Hari Kiamat?
    Hikmah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 18:47 WIB
    Ditiupnya sangkakala adalah tanda kiamat benar - benar terjadi. Hari kiamat atau yang dikenal sebagai akhir zaman pasti terjadi sesuai dengan janji Allah SWT, dan seluruh makhluk di muka bumi akan binasa.
  • Hari Kiamat: Ketika Roh-Roh Manusia Keluar dari Sangkakala Seperti Semut
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 16:03 WIB
    Roh-roh itu keluar dari sangkakala seperti semut yang memenuhi antara langit dan bumi. Maka setiap roh menemui jasadnya. Allah memerintahkan bumi hingga ia terbelah untuk mereka.
  • Kiamat dan Pengadilan Agung: Akhirnya Hanya Ada 2 Tempat, Surga atau Neraka
    Tausyiah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 17:41 WIB
    Pada hari pengadilan agung tidak ada yang dapat mengelak, tidak ada juga yang dapat menyembunylkan sesuatu di hadapan pengadilan yang maha agung itu.
  • Inilah Peristiwa Kiamat Kecil Sebelum Sangkakala Ditiup
    Hikmah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 23:19 WIB
    Kajian Eskatologi Islam kali ini kita akan mengulas peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum Sangkakala ditiup. Ada banyak kejadian pada akhir zaman menjelang Hari Kiamat.
  • Ngerinya Tiupan Sangkakala Mengguncang Langit dan Bumi
    Hikmah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 23:25 WIB
    Ngerinya tiupan Sangkakala ini dijelaskan oleh Allah Taala dalam Al-Quran. Pada Hari Kiamat, Malaikat Israfil akan meniup Sangkakala yang mengguncang langit dan bumi.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Akhir Zaman! Dajjal Berkuasa Selama 40 Hari Sebelum Sangkakala Ditiup
    Hikmah
    Senin, 23 Mei 2022 - 22:54 WIB
    Islam memberi petunjuk tentang peristiwa mengerikan di akhir zaman. Di antaranya munculnya Dajjal, Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa alaihissalam, kemudian ditiupnya Sangkakala.
  • Hari Kiamat, Sangkakala Ditiup Saat Manusia Sibuk dengan Dunianya
    Hikmah
    Senin, 23 Mei 2022 - 06:00 WIB
    Hari Kiamat benar-benar akan terjadi dan waktunya dirahasiakan oleh Allah Taala. Seluruh makhluk akan binasa dengan tiupan Sangkakala yang mengguncang alam semesta.
  • Proses Tiupan Sangkakala dan Ketika Manusia Digiring ke Mahsyar
    Tausyiah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 17:33 WIB
    Di antara tanda kiamat adalah ditiupnya terompet sangkakala. Saat itu terjadi maka waktu itulah dimulainya kehidupan akhirat. Mengenai sangkakala, Allah yang telah menyiapkannya.
  • Menguak Misteri Trompet Malaikat Israfil sebagai Pertanda Hari Kiamat
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 16:02 WIB
    Alat itu terbuat dari bahan semacam tanduk binatang. Apa dan bagaimana tak bisa diketahui pasti. Yang jelas, trompet akan digunakan sebagai pertanda hari kiamat benar-benar telah datang.