Kumpulan Artikel: Amalan (halaman 2)

  • Lebih Afdhal Mana, Qadha Puasa Ramadan atau Puasa Sunah Syawal Dulu?
    Tausyiah
    Kamis, 11 April 2024 - 09:00 WIB
    Setelah Puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan menunaikan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal. Pertanyaannya, mana yang harus didahulukan, puasa qadha Ramadan atau puasa sunah 6 hari Syawal tersebut?
  • Ucapan Kembali ke Fitrah, Begini Makna dan Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 10 April 2024 - 12:48 WIB
    Umat Islam ketika merayakan Hari Raya Idulfitri sering dimaknai dengan ucapan saatnya kembali ke Fitrah. Apa sebenarnya makna Fitrah?
  • Bagaimana Hukum Saling Bersalaman Saat Idulfitri, Benarkah Sunnah Nabi ?
    Tausyiah
    Rabu, 10 April 2024 - 09:53 WIB
    Benarkah salam-salaman atau saling bersalaman dan berpelukan setelah melaksanakan salat Ied adalah sunnah Nabi SAW?Bagaimana pandangan syariat terhadap tradisi yang berlaku di Indonesia tersebut?
  • Nama Populer Bulan Syawal dan Amalan yang Dianjurkan
    Hikmah
    Rabu, 10 April 2024 - 08:25 WIB
    Karena keistimewaan dan keutamaannya, bulan Syawal ternyata memiliki beragam nama dan julukan. Nama atau julukan apa saja? Serta amalan apa saja yang dianjurkan?
  • Tata Cara dan Niat Mandi Idulfitri Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 09 April 2024 - 04:00 WIB
    Bacaan niat mandi Idulfitri adalah bacaan niat yang merupakan amalan sunnah untuk membersihkan dan menyucikan badan dari kotoran maupun najis yang menempel di anggota badan
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 3 Hal yang Harus Dihindari Muslimah di Hari Raya Idulfitri
    Muslimah
    Senin, 08 April 2024 - 07:41 WIB
    Bagi kaum muslimah, agar Idulfitri yang akan kita rayakan ini penuh keberkahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, atau bahkan kita hindari. Hal apa saja itu?
  • Inilah Amalan-amalan Sunnah di Hari Raya Idulfitri
    Tips
    Senin, 08 April 2024 - 04:05 WIB
    Ada amalan-amalan sunnah di Hari Raya Idulfitri yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Di antara amalan sunnah tersebut ada satu tradisi yang cukup populer di Indonesia, yaitu mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minka.
  • Hadis tentang Fadilah Hari Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:07 WIB
    Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri dalam Ringkasan Fiqih Islam Bab: Fiqih Al-Quran dan Sunnah (IslamHouse, 2012) menyampaikan beberapa hadis tentang fadilah hari Jumat berikut ini.
  • Tuntunan Iktikaf Sesuai Al Quran dan Sunnah Rasul
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 08:56 WIB
    Tuntunan Iktikaf sesuai Al Quran dan sunnah penting diketahui umat Muslim. Terlebih, saat ini sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan.
  • Jika Berbuat Dosa saat Lailatul Qadar, Apakah Dosanya Dilipatgandakan 1.000 Bulan?
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 04:10 WIB
    Pada malam Lailatul Qadar menjadi waktu bagi umat Muslim melakukan ibadah dan mengharapkan ridha Allah SWT. Lantas bagaimana bila sebaliknya, berbuat dosa di waktu Lailatul Qadar, apakah dosanya dlilipatgandakan?
  • Apa yang Harus Dilakukan Setelah Selesai Haid? Begini Aturannya dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:02 WIB
    Apa yang harus dilakukan setelah selesai haid? Pertanyaan ini pasti banyak dikemukakan terutama oleh muslimah yang baru baligh atau baru mendapatkan haid pertama kalinya
  • 6 Amalan Wanita Haid agar Bisa Mendapatkan Keutamaan Lailatul Qadar
    Muslimah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Bagi kaum wanita yang sedang berhadas, tidak perlu bersedih hati untuk mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar. Sebab, ada beberapa amalan yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan pahala keutamaan malam seribu bulan tersebut.
  • Amalan Zikir agar Dapat Malam Lailatul Qadar
    Tips
    Kamis, 28 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Ada amalan zikir yang diganjar pahala Lailatul Qadar bagi yang mengamalkannya meskipun bukan waktu Lailatul Qadar. Zikir apakah itu, dan bagaimana dalilnya?
  • Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadan, Jangan Dilewatkan!
    Tausyiah
    Kamis, 28 Maret 2024 - 09:53 WIB
    Bulan Ramadan sudah memasuki hari ke 17, lantas apa persiapan menyambut 10 hari terakhir Ramadan yang di dalamnya terdapat satu malam kemuliaan bernama Lailatul Qadar?
  • Islam Mengharamkan Wanita Haid Berpuasa, Ternyata Begini Alasan Medisnya!
    Muslimah
    Senin, 25 Maret 2024 - 10:30 WIB
    Dalam Islam, wanita yang sedang haid dilarang atau diharamkan berpuasa, karena dalam kondisi berhadas besar. Dan ternyata larangan tersebut ada penjelasan medisnya.
  • Hari Jumat di Bulan Ramadan, Perbanyak 3 Amalan Ini
    Hikmah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 10:30 WIB
    Ramadan disebut sebagai bulan ampunan, bulan rahmat, bulan maghfirah, bulan beribadah, bulannya Al-Quran. Karena itu, di hari Jumat ini sekaligus di bulan Ramadan, maka kaum muslim dianjurkan memperbanyak amalan-amalan lainnya.
  • Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Wanita yang tengah haid pasti sedikit kecewa tidak dapat menjalani kegiatan amal ibadah di bulan Ramadan. Kekecewaan seperti itu, juga pernah dialami ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha
  • Kumpulan Doa Penambah Pahala di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 21 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Kumpulan doa penambah pahala di bulan Ramadan penting diketahui umat Muslim. Terlebih, memperbanyak doa menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam menjalani bulan Ramadan.
  • Inilah Bacaan Zikir yang Dianjurkan Sebelum Berbuka Puasa
    Tips
    Rabu, 20 Maret 2024 - 17:39 WIB
    Sebelum berbuka puasa, umat Islam dianjurkan berzikir terlebih dahulu dan di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Bagaimana bacaan zikirnya?
  • Bolehkah Niat Berpuasa Ramadan sekaligus Melakukan Diet?
    Muslimah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 14:43 WIB
    Bolehkah ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan terselip niat puasa sambil berdiet? Karena, bagi sebagian muslimah menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bagaimana hukumnya?