Kumpulan Artikel: Amalan (halaman 10)

  • Sya’wanah al-Ubullah : Muslimah yang Suka Menangis Setiap Mendengar Asma Allah SWT
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 13:01 WIB
    Syawanah al-Ubullah adalah seorang perempuan sufi yang hidup di abad pertengahan. Imam Al-Ghazali sangat terkagum-kagum pada sosok perempuan sufi ini. Kenapa dan apa keistimewaan sosok muslimah ini?
  • Suka Ikut Kajian? Ini Tema-tema yang Menarik untuk Kalangan Muslimah!
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 12:20 WIB
    Belajar dan terus menuntut ilmu merupakan salah satu yang dianjurkan untuk kaum muslimah. Karena kaum muslimah juga mempunyai peran dan tanggung jawab tersendiri dalam kehidupan ini.
  • Kisah Hikmah : Muslimah pun Wajib Menunaikan Amar Maruf Nahi Munkar
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 08:55 WIB
    Ada sebuah kisah yang menunjukkan pentingnya kaum muslimah memberikan andil dalam nasihat dan amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Amalan Terbaik untuk Muslimah yang Sudah Uzur
    Muslimah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:10 WIB
    Ada amalan terbaik untuk kaum muslimah yang sudah memasuki usia tidak muda lagi atau sudah mulai uzur, yakni selalu mendekatkan diri kepada Allah Subahanhu wa taala.
  • 5 Amalan yang Menyelamatkan dari Fitnah Dajjal
    Tausyiah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 06:30 WIB
    Amalan yang menyelamatkan dari fitnah Dajjal penting diketahui umat Islam. Berikut lima amalan yang dapat diamalkan umat muslim seperti dijelaskan dalam Hadis Nabi.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Doa-doa Istri untuk Kebaikan Suami Tercinta
    Tips
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 13:15 WIB
    Kekuatan doa seorang istri memiliki manfaat luar biasa untuk kebaikan suaminya. Apalagi istri tersebut seorang istri salihah, maka doanya akan mudah dikabulkan Allah.
  • Mutiara Hadis: Niat Berbuat Baik Saja Diganjar Pahala
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 20:18 WIB
    Hadis satu ini cukup populer di kalangan penuntut ilmu. Betapa luasnya rahmat Allah dan kasih sayang-Nya. Berniat melakukan kebaikan saja walau tidak dikerjakan diganjar dengan satu kebaikan.
  • Bacaan Zikir Sebelum Tidur Sesuai yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tips
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 20:02 WIB
    Zikir sebelum tidur ini merupakan rangkain dari amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Bacaan zikir apa saja yang dianjurkan?
  • Sunah Berpakaian Terbaik di Hari Jumat, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 08:25 WIB
    Salah satu sunah yang dianjurkan di hari Jumat adalah memakai pakaian terbaik dan membersihkan diri, terutama ketika hendak melaksanakan salat Jumat. Amalan ringan tersebut juga berlaku bagi kaum perempuan muslimah yang sayang untuk dilewatkan.
  • Bacaan Zikir untuk Siang Hari, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Berzikir dianjurkan dilakukan kapan saja dan dalam keadaan apa saja, termasuk pada siang hari. Zikir atau mengingat Allah SWT ini bisa dilakukan secara lisan maupun di dalam hati.
  • Cara Bersedekah Atas Nama Orang yang Sudah Meninggal
    Tips
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 21:56 WIB
    Bersedekah yang pahalanya diniatkan untuk mayit telah menjadi ijma bagi para Salafush Shalih, dan imam kaum muslimin. Berikut cara bersedekah untuk orang yang meninggal.
  • Adab dan Akhlak Seorang Muslimah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:30 WIB
    Adab dan akhlak seorang muslim sebenarnya sudah diberitahukan didalam Al Quran dan hadis, namun, ada baiknya seorang muslimah kembali mengenal atau mempelajarinya lebih dalam.
  • Amalkan Doa Sebelum Bekerja agar Aktivitas Sehari-hari Lancar dan Berkah
    Tips
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 10:51 WIB
    Berdoa sebelum memulai aktivitas harian sangat dianjurkan diamalkan karena akan memberi kemudahan dan keberkahan dalam kehidupan kita.
  • Yuk, Baca Istighfar Sebelum Tidur dan Rasakan Fadhilahnya yang Luar Biasa
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:40 WIB
    Ada amalan sebelum tidur yang ternyata memiliki fadhilah luar biasa, yakni membaca istighfar. Barangsiapa yang mengamalkannya maka Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.
  • Adab-adab Sebelum Tidur yang Penting Diketahui
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:20 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Tidur bukan hanya merebahkan tubuh di atas kasur semata, tetapi ada rahasia yang terkandung di dalamnya.
  • 7 Amalan Penarik Rezeki yang Sering Diamalkan Para Ulama
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 16:21 WIB
    Al-Faqih Habib Zain bin Ibrahim bin Smith membeberkan beberapa amalan penarik rezeki yang cukup masyhur di kalangan ulama. Berikut amalannya.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Ashar, Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 08:53 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Ashar menjadi suatu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh segenap umat islam. Sebab, apabila seorang hamba membaca zikir dan doa, maka Allah akan memberikan rezeki.
  • Pengin Panjang Umur? Yuk Lakukan 4 Amalan yang Penuh Pahalanya Ini!
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 12:23 WIB
    Semua orang pasti menginginkan usia atau umur yang panjang dan penuh berkah. Nah, dalam Islam ada amalan yang dapat menjadi ikhtiar untuk umur tersebut. Amalan apa saja?
  • Bagaimana Hukum Membaca Selawat saat Haid?
    Muslimah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:03 WIB
    Dalam Islam, wanita yang sedang haid tidak diperkenankan untuk menjalankan beberapa ibadah seperti salat (salat wajib dan salat sunnah) dan puasa (puasa wajib dan puasa sunnah).
  • Inilah 3 Ciri Wanita Terbaik dalam Hadis Rasulullah SAW
    Muslimah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 17:30 WIB
    Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam sangat menganjurkan agar seorang wanita harus berperilaku baik dengan menaati suaminya dalam perkara yang syari, dan menjauhi keburukan.