Kumpulan Artikel: Keutamaan Sahur

  • Inilah Waktu Sahur yang Dilakukan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Kapan waktu makan sahur Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam? Dan ternyata inilah waktu sahur Rasulullah SAW seperti diterangkan dalam hadis Anas bin Malik radhiyallahuanhu.
  • Sahur, Ibadah Pembeda Puasa Umat Islam dengan Ahlul Kitab
    Hikmah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 03:15 WIB
    Bagi umat Islam, melaksanakan sahur adalah ibadah yang utama dalam menjalankan puasa Ramadan. Kenapa harus sahur? Dan bagaimana keutamaan serta hukum sahur ini?
  • Manfaat Mengakhirkan Sahur, Salah Satunya Membuat Fisik Lebih Kuat
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 04:02 WIB
    Mengakhirkan sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) ketika puasa Ramadan. Setidaknya ada lima manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadan.
  • Allah Berselawat kepada Orang-orang yang Sahur
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 03:01 WIB
    Sahur merupakan satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadan, bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa saalm memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Doa dan Niat Sahur Puasa Ramadan, Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Kamis, 14 Maret 2024 - 02:05 WIB
    Doa dan Niat Sahur puasa Ramadan ini dibaca ketika hendak menyantap hidangan di waktu sahur. Mengingat waktu sahur merupakan salah satu waktu yang mustajab doa.
  • Waktu Utama Melaksanakan Sahur
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Ketika melaksanakan ibadah puasa, salah satu sunnah yang dianjurkan adalah makan sahur. Di bulan Ramadan ini, melaksanakan sahur juga memiliki banyak keutamaan. Lantas, kapan waktu utama melaksanakan sahur tersebut?
  • Sebaik-baik Makan Sahur Orang Mukmin Adalah Tamar, Ini Keutamaannya
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 03:00 WIB
    Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah Tamar. Keutamaan makan sahur dengan Tamar ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Hadis.
  • Inilah Hidangan Terbaik Saat Sahur Ramadan
    Tips
    Selasa, 28 Maret 2023 - 02:05 WIB
    Salah satu hidangan terbaik saat sahur ternyata adalah kurma. Hal ini disebutkan dalam hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang diriwiyatkan dari dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu.
  • Sejarah Disyariatkannya Makan Sahur Saat Puasa Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Makan sahur saat puasa Ramadan merupakan sunnah Nabi dan bagian dari syiar Islam. Berikut sejarah disyariatkannya makan sahur bagi umat muslim.
  • 5 Manfaat Mengakhirkan Sahur, Nomor Terakhir Dapat Keutamaan Berlipat
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 03:10 WIB
    Mengakhirkan sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) ketika puasa Ramadan. Setidaknya ada lima manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadan.
  • Berkah Sahur: Mendapat Salawat dari Allah dan Malaikat
    Tips
    Rabu, 22 Maret 2023 - 21:17 WIB
    Ramadan telah tiba. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan puasa adalah sahur. Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • 7 Keutamaan Sahur dan Berkahnya yang Luar Biasa
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 12:27 WIB
    Sahur bukan sekadar makan untuk mengeyangkan perut saat berpuasa Ramadan nanti, tetapi sahur adalah ibadah yang juga terdapat banyak keutamaan dan keberkahan
  • Niatkan Sahur Sebelum Puasa Sunnah, Ini Keutamaannya!
    Tips
    Minggu, 05 Maret 2023 - 15:29 WIB
    Agar puasa sunnah baik puasa Senin atau Syaban bisa berjalan baik dan mendapat pahala berlimpah, niatkan sahur terlebih dahulu. Ada banyak keutamaan dalam sahur tersebut. Apa saja?
  • Sejarah dan Asal-usul Diperintahkannya Makan Sahur
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 03:15 WIB
    Makan sahur adalah makan yang penuh berkah. Umat Islam perlu mengetahui sejarah dan asal usul diperintahkan makan sahur. Berikut ulasannya.
  • Sahur adalah Pembeda Puasa Umat Muslim
    Tips
    Sabtu, 16 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebelum menjalankan ibadah puasa sepanjang hari di bulan Ramadhan, umat Islam disunnahkan sahur terlebih dahulu. Kenapa harus sahur? Dan bagaimana keutamaan serta hukum sahur ini?
  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • 5 Manfaat Mengakhirkan Sahur di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 03:01 WIB
    Manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadhan perlu diketahui umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Mengakhirkan sahur merupakan kebiasaan Nabi Muhammad.
  • Benarkah Hidangan Terbaik Saat Sahur Adalah Kurma? Begini Penjelasan Ulama
    Tips
    Rabu, 06 April 2022 - 18:57 WIB
    Salah satu amalan yang paling baik dalam menjalankan ibadah puasa Ramdhan adalah melakukan makan sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama dihukumi sunnah dan bukanlah wajib.
  • Berkahnya Makan Sahur, Ini 7 Keutamaannya yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 03:10 WIB
    Salah satu ibadah di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama hukumnya sunnah, tetapi memiliki keutamaan yang penuh berkah.
  • Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnahnya, terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.