Kumpulan Artikel: Akhlak (halaman 7)

  • Inilah Ciri-ciri Pribadi Muslimah yang Tawadhu
    Muslimah
    Kamis, 12 Mei 2022 - 12:33 WIB
    Tawadhu adalah ridho jika dianggap mempunyai kedudukan lebih rendah dari yang sepantasnya. Tawadhu merupakan sikap pertengahan antara sombong dan melecehkan diri.
  • Kemuliaan Sejati Bagi Para Pemaaf
    Muslimah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 12:24 WIB
    Di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima. Tidak akan merampas hak-hak orang lain.
  • Ramadhan dan Restorasi Kehidupan: Harus Melahirkan Akhlak yang Baik
    Tausyiah
    Selasa, 10 Mei 2022 - 16:34 WIB
    Islam dan ibadah ada di masjid, tapi juga di pasar dan parlemen. Islam dan ibadah itu ada di bulan Ramadan dan Dzuhijjah, tapi juga ada di bulan-bulan yang lain.
  • Perintah Memaafkan Kesalahan Sesama dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 06 April 2022 - 12:35 WIB
    Sudah sangat umum ketika menjelang Ramadhan, umat Islam saling mengucapkan permohonan maaf dan saling memaafkan. Ternyata, perintah memaafkan keselahan sesama manusia ini banyak disebutkan dalam Al-Quran.
  • 3 Sifat Malu yang Perlu Ada dalam Diri Setiap Muslim
    Muslimah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 18:33 WIB
    Benteng pertahanan bagi seluruh akhlak manusia adalah sifat malu. Sifat ini, merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatanan nilai dan moral.
  • Inilah Gambaran Seorang Istri Shalehah yang Disebutkan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 17:05 WIB
    Istri shalehah akan memberi andil keberhasilan seorang suami di dunia dan juga dapat menolongnya di akhirat. Bisa dikatakan bahwa peran istri dan doanya, akan menjadi jembatan emas bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Membiasakan Diri Memberi Contoh Akhlak Mulia pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Setiap orang tua hendaknya membiasakan diri untuk memberi contoh tentang akhlak-akhlak mulia kepada jiwa anak-anak mereka sejak dini. Karena pengaruh orang tua sangat penting terhadap kehidupan anak-anak di masa yang akan datang.
  • Begini Cara Islam Mengajarkan Berakhlak Pada Ulama
    Tips
    Minggu, 20 Maret 2022 - 16:45 WIB
    Kedudukan para ulama (orang yang ahli ilmu agama) sangat tinggi di hadapan Allah Subhanahu wa Taala. Islam pun mengajarkan bagaimana cara umat agar menghargai dan berakhlak pada ulama.
  • Malu sebagai Sikap Terpuji, Inilah Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Selasa, 15 Maret 2022 - 12:45 WIB
    Islam memerintahkan dan menganjurkan umatnya untuk berakhlak dengan rasa malu dan menjadikannya sebagai bagian dari iman yang dimiliki. Sangat banyak hadis-hadis yang terkait dengan rasa malu ini.
  • Beda Riya dan Sumah serta Bahayanya yang Perlu Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Senin, 07 Maret 2022 - 18:14 WIB
    Niat dalam melakukan amal ibadah sudah pasti harus ikhlas. Akan tetapi, ada kalanya bila dilakukan terus menerus dan masif akhirnya bisa bercampur riya dan sumah
  • Pemikiran Salafi dan Citranya, Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Maret 2022 - 14:57 WIB
    Menurut Al-Qardhawi, kriteria manhaj Salafi yang benar yaitu suatu manhaj yang secara global berpijak pada 10 prinsip. Apa saja? Berikut penjabarannya.
  • Meneladani Sifat Pemaaf Para Kekasih Allah SWT
    Tips
    Selasa, 01 Maret 2022 - 17:19 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menyifati para nabi atau kekasih-Nya dengan sifat-sifat mulia, salah satunya adalah sifat pemaaf. Para Nabiyullah ini, bersikap lapang dada atas kesalahan dan perbuatan zalim orang lain padanya.
  • Doa agar Selalu Bersikap Tawadhu dan Dijauhkan dari Sifat Sombong
    Tips
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 09:04 WIB
    Doa agar selalu bersikap tawadhu dan dijauhkan dari sifat sombong sangat dianjurkan bagi setiap muslim. Karena sikap tawadhu merupakan sikap terpuji, dan salah satu sifat ibaadur Rahman.
  • Masih Suka Pamer? Begini Pemandangan Pelakunya di Akherat Kelak
    Muslimah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 10:11 WIB
    Suatu waktu kita di dunia, mungkin kita pernah berbuat pamer (riya) terhadap sesuatu yang mahal dan bagus yang kita beli atau kita kenakan. Bahkan dalam soal ibadah pun, mungkin tanpa sadar kita pernah melakukan.
  • Hukum Istri Melawan pada Suami dalam Pandangan Islam
    Muslimah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 15:57 WIB
    Hukum istri melawan pada suami dalam Islam disebut nusyuz. Menurut Ustaz Ahmad Sarwat, seluruh ulama sepakat bahwa hukum istri melawan pada suami adalah haram.
  • Teman adalah Cerminan Diri Sendiri, Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 15:03 WIB
    Memilih teman yang shaleh adalah wajib, selektif dalam memilih teman juga merupakan prinsip utama dalam Islam. Karena teman itu layaknya sebuah cermin bagi diri sendiri.
  • Doa Masuk Pasar, Bacaan Wajib bagi Kaum Wanita yang Gemar Shopping
    Muslimah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Membaca doa ketika akan masuk ke pasar atau pusat perbelanjaan sangat dianjurkan bagi kaum wanita yang gemar berbelanja atau shopping. Kenapa demikian?
  • Akhlak dan Kepribadian Istri-istri Rasulullah SAW yang Wajib Ditiru Kaum Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 15:22 WIB
    Para istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjadi potret yang patut dicontoh baik sebagai seorang muslimah ataupun kedudukannya sebagai seorang istri.
  • 10 Adab Berbicara yang Perlu Dipahami Seorang Muslimah
    Muslimah
    Senin, 31 Januari 2022 - 19:15 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab yang hendaknya diamalkan kaum muslimin, tak terkecuali untuk kaum muslimah. Salah satunya adalah adab dalam hal berbicara atau berkomunikasi
  • Kisah Rasulullah Marah Saat Orang Yahudi Menanyakan Hal Ini
    Hikmah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 18:20 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah pribadi dengan kesabaran luar biasa. Ada satu peristiwa yang membuat Nabi marah, namun Allah menenangkannya dengan menurunkan wahyu.