Kumpulan Artikel: Bulan Ramadhan (halaman 9)

  • Waktu Itu!
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 15:03 WIB
    Jika dalam konsep orang lain waktu itu adalah uang (time is money), dalam pandangan Islam justru waktu itu adalah hidup. Hidup manusia di atas dunia ini adalah bilangan waktu.
  • Refleksikan Pandemi, Muslim Indonesia Canberra Kuatkan Silaturahmi
    Dunia Islam
    Selasa, 27 April 2021 - 11:09 WIB
    Komunitas muslim di Canberra, Australia menguatkan silaturahmi antar muslim Indonesia di Canberra dan alumni kampus-kampus di Canberra dengan media virtual.
  • Lebih Dermawan di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 26 April 2021 - 14:27 WIB
    Sesungguhnya sedekah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Dan ini haruslah menjadi motivasi seorang muslim menjadi lebih dermawan pula di bulan yang mulia.
  • Puasa Menjauhi Diri dari Allah? Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Minggu, 25 April 2021 - 18:23 WIB
    Takwa terambil dari akar kata yang bermakna menghindar, menjauhi, atau menjaga diri. Kalimat perintah ittaqullah secara harfiah berarti, Hindarilah, jauhilah, atau jagalah dirimu dari Allah.
  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Isi Semangat Ramadhan, NU Care dan MPPA Salurkan Paket Gizi untuk Anak-anak di Jabodetabek
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 April 2021 - 07:35 WIB
    Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU bekerjasama dengan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mendistribusikan bantuan berupa 2.000 paket gizi untuk anak-anak di Jabodetabek.
  • 4 Amalan di Bulan Ramadhan yang Pahalanya Dahsyat dan Berlipat-lipat
    Muslimah
    Kamis, 22 April 2021 - 10:00 WIB
    Ada beberapa dalil yang menunjukkan pahala yang berlipat pada sebagian amal dan sebagian waktu di bulan Ramadhan. Lalu, apa saja amalan yang bisa dijalankan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda selama bulan Ramadhan ini?
  • Mengenal 10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 22 April 2021 - 08:36 WIB
    Bulan Ramadhan tidak hanya sebatas bulan suci bagi umat Muslim, bulan ini juga dikenal dengan bulan yang penuh dengan keutamaan. Salah satunya, dibuktikan dengan banyak peristiwa penting yang turun pada bulan ini.
  • Cara Berbagi Sedekah dengan Mudah
    Tips
    Rabu, 21 April 2021 - 14:34 WIB
    Bersedekah di bulan Ramadhan dijanjikan Allah Subhanahu wa taala dapat pahala yang berlipat-lipat. Sedekahnya bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, dan yang terpenting niat untuk sedekah itu sendiri harus tulus dan ikhlas.
  • Pertama Kali, Polisi Wanita Arab Saudi Mengawasi Jamaah Umrah di Mekah
    Dunia Islam
    Rabu, 21 April 2021 - 14:30 WIB
    Foto-foto seorang petugas polisi wanita Arab Saudi yang mengawasi jamaah umrah selama bulan suci Ramadhan di Mekkah, Arab Saudi, dibagikan oleh Saudi Press Agency (SPA).
  • Ini Cerita 3 WNI Menjalani Bulan Ramadhan di Negeri Orang
    Dunia Islam
    Selasa, 20 April 2021 - 17:51 WIB
    Radio MNC Trijaya FM menghadirkan special program Ramadhan 5 Benua, yang memberikan gambaran Diaspora Indonesia berpuasa di negeri orang.
  • Yang Merugi di Bulan Ramadhan, Siapa Saja Mereka?
    Muslimah
    Selasa, 20 April 2021 - 07:42 WIB
    Di bulan Ramadhan Allah berikan kepadanya nikmat yang besar, namun dia malah menjadi manusia yang celaka dalam nikmat besar yang Allah berikan kepadanya. Siapakah orang yang merugi ini?
  • Firli Bahuri: Esensi Ramadhan dan Puasa sebagai Jalan Pemberantasan Korupsi
    Dunia Islam
    Senin, 19 April 2021 - 14:32 WIB
    Ramadhan sarat dengan nilai-nilai pendidikan, melatih, membentuk dan menjadikan kita sebagai sosok sederhana, sabar, jujur serta amanah dan menjunjung tinggi integritas sebagai hamba-Nya.
  • Tausiyah Gus Baha Tentang Tidurnya Orang Berpuasa, Apakah Termasuk Ibadah?
    Tausyiah
    Minggu, 18 April 2021 - 15:06 WIB
    Selain puasa dan tilawah Quran, tidur merupakan salah satu kenikmatan orang yang berpuasa. Benarkah tidurnya orang berpuasa termasuk ibadah? Mari simak penjelasan Gus Baha berikut.
  • Kunci Meraih Derajat Takwa  di Bulan Ramadhan,  Rajin Baca Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 05:00 WIB
    Al-Qur-an diturunkan pada bulan Ramadhan, di mana petunjuk dan berbagai pengaruh serta nilainya telah terealisasi di muka bumi ini. Al-Qur-an pun diturunkan sekaligus sebagai norma untuk berpijak.
  • Benarkah Wafat di Bulan Ramadhan Langsung Masuk Surga?
    Muslimah
    Jum'at, 16 April 2021 - 07:45 WIB
    Ketika ada orang yang meninggal dunia di bulan Ramadhan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian? Bagaimana syariat Islam memandangnya?
  • Ramadhan Momen Istimewa Sucikan Jiwa dan Perkuat Silaturahmi
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 10:30 WIB
    Bulan ini menjadi momen istimewa karena identik dengan menyucikan jiwa, silaturahmi, dan saling memaafkan. Oleh karena itu Ramadhan selalu disambut dengan penuh suka cita dan rasa syukur.
  • Mustajabnya Berdoa di 4 Waktu Bulan Ramadhan Ini
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 06:29 WIB
    Di bulan Ramadhan, selain puasa sholat tarawih atau sholat witir, ada amalan yang sangat dianjurkan yakni berdoa. Berdoa di bulan suci ini sangat mustajab, terutama di waktu-waktu mustajab dikabulkan doa oleh subhanahu wa taala. Di waktu kapan saja?
  • Niat Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Dilazimkan Para Ulama
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 09:36 WIB
    Setiap amalan tergantung pada niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Berikut niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dilazimkan para sholihin.
  • Arab Saudi Ajak Umat Islam Lihat Bulan Sabit Ramadhan pada Minggu Malam
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:01 WIB
    Mahkamah Agung (MA) Arab Saudi mengajak semua Muslim di seluruh negeri untuk melihat bulan sabit bulan suci Ramadhan pada Minggu malam.