Topik Terkait: Pengaruh Lingkungan

  • Rasulullah Mengingatkan Besarnya Pengaruh Lingkungan Dalam Mendidik Anak
    Muslimah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Rasulullah sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Namun, ada faktor-faktor eksternal yang juga memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangannya.
  • Genosida Israel Menimbulkan Bencana Lingkungan dan Iklim
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Maret 2024 - 14:57 WIB
    Sejauh mata memandang, puing-puing berserakan di mana-mana, memenuhi jalan-jalan dan gang-gang yang tandus. Orang-orang memilah-milah puing untuk mencari bagian dari kehidupan mereka sebelumnya.
  • Muslim Wajib Tahu! 7 Adab Islam Terhadap Lingkungan
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 15:49 WIB
    Polusi udara dan pencemaran lingkungan terus menjadi topik hangat di media sosial. Berikut ini tujuh adab Islam terhadap lingkungan yang dapat kita terapkan.
  • Jakarta Darurat Polusi, Ini Pandangan Islam Tentang Pencemaran Lingkungan
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:19 WIB
    Buruknya polusi udara di Jakarta kini menjadi perbincangan hangat di Tanah Air. Berikut pandangan Islam terhadap pencemaran dan perusakan lingkungan.
  • Pengaruh Zikir dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia
    Hikmah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:10 WIB
    Membaca zikir atau berzikir memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Selain manfaatnya, ada juga pengaruhnya yang luar biasa terhadap jiwa. Apa saja pengaruh zikir tersebut?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • 3 Pengaruh Tata Cara Hidup Islami Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 10 November 2022 - 14:35 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya tata cara kehidupan yang Islami itu dapat mewujudkan masyarakat Islam dengan sejumlah keistimewaan (karakteristik) dan pengaruh yang positif.
  • Pengaruh Besar Kemenangan Perang Riddah di Masa Abu Bakar Ash-Shiddiq
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 10:06 WIB
    Kalau tidak karena kemenangan Abu Bakar dalam Perang Riddah, penyerbuan ke Irak dan ke Syam tentu tidak akan dimulai. Pasukan Muslimin pun tak akan mendapatkan kemenangan atas kedua imperium besar itu.
  • Pengaruh Mansa Musa Orang Terkaya Sepanjang Masa dalam Penyebaran Islam di Afrika Barat
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:52 WIB
    Kisah Mansa Musa orang terkaya sepanjang masa bertalian dengan penyebaran Islam di Afrika Barat. Di wilayah ini dianggap identik dengan kemajuan. Lalu, bagaimana sejatinya penyebaran Islam di Afrika Barat pada waktu itu?
  • Pengaruh Iptek Modern Terhadap Hubungan Islam-Kristen Menurut Montgomery Watt
    Tausyiah
    Selasa, 17 Januari 2023 - 11:51 WIB
    Produk-produk teknologi kaum muslimin unggul pada saat menaklukkan Spanyol pada awal abad ke-8. Akan tetapi, semenjak akhir abad ke-18 bangsa Eropa melampaui semuanya.
  • Boros, Warga Arab Saudi Buang 4 Juta Ton Daging tiap Tahun: Pemerintah Serukan Perilaku Rasional
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Maret 2024 - 16:30 WIB
    Pihak berwenang di Arab Saudi menyerukan perilaku rasional ketika masyarakat berbuka puasa selama bulan Ramadan, untuk membantu mengurangi jumlah daging yang terbuang.
  • Lingkungan dan Pola Pendidikan Anak dalam Pandangan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Senin, 31 Juli 2023 - 17:29 WIB
    Dalam salah satu hadis Nabi Shallallahu Alaihi wa sallam mengingatkan bagaimana pengaruh lingkungan terhadap seseorang.
  • Gulirkan Eco Pontren, Cetak Santri Kreatif dan Berwawasan Lingkungan
    Santri
    Rabu, 06 Mei 2020 - 10:05 WIB
    Ponpes yang saat ini berdiri megah di Jalan Veteran Nomor 155, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, itu memiliki segudang terobosan dalam menciptakan generasi milenial berbasis kultural.
  • Amalan yang Menjauhkan Pengaruh Buruk Sihir
    Tips
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:36 WIB
    Ada beberapa amalan dan perbuatan yang dapat menjauhkan kita dari pengaruh buruk sihir dan santet. Sihir bukanlah fiksi, karena eksistensinya benar adanya dan dapat mencelakakan manusia dengan izin Allah.
  • Hafshah binti Sirin, Sosok Muslimah yang Gemar Mengingat Kematian
    Muslimah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 20:52 WIB
    Kisah keteladanan dari cerminan sosok yang selalu mengingat kematian, bisa diambil dari sosok shahabiyat, yakni Hafshah binti Sirin. Muslimah yang dikenal sebagai tabiin ahli ibadah.
  • Waspada, Tingkatan Zina Terberat Muncul dari Lingkungan Terdekat
    Hikmah
    Kamis, 01 Februari 2024 - 11:47 WIB
    Zina ternyata memiliki tingkatan-tingkatan . Di antara tingkatan zina yang paling berat dan mengerikan, sudah sangat marak terjadi di masyarakat.
  • Ketika Pengaruh Alexander Yang Agung Dianggap Berbobot Sama dengan Hitler
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Michael H Hart mengatakan Alexander, Napoleon, dan Hitler punya persamaan dalam bobot pengaruhnya secara umum. Ia menempatkan Alexander Yang Agung di nomor urut 33 dari 100 tokoh berpengaruh dalam sejarah.
  • Begini Pengaruh Positif setelah Persia dan Romawi Ditaklukkan Kaum Muslim
    Hikmah
    Kamis, 28 Desember 2023 - 16:12 WIB
    Setiap amir (emir) disibukkan oleh emiratnya (wilayahnya) masing-masing. Mereka berusaha memperbaiki kebijakannya agar tidak mendapat teguran dan kemarahan wakil-wakil Muslimin dan Amirulmukminin.
  • Eksistensi Sihir dan Amalan agar Terhindar dari Pengaruh Buruk Kekuatan Jahat
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 09:16 WIB
    Dalam Islam dan sebagai orang yang beriman kita diperintahkan untuk memohon perlindungan dari Allah Subhanahu wa taala dari pengaruh-pengaruh jelek sihir ini.
  • Eksistensi Sihir dan Amalan untuk Menjauhi Pengaruh Buruknya
    Muslimah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:10 WIB
    Dalam waktu beberapa hari terakhir ini, istilah sihir, dukun, santen dan semacamnya tengah ramai diperbincangkan. Meskipun, kita berada dalam era serbadigital, ternyata eksistensi sihir masih tetap ada.
  • 7 Amalan Penolak Pengaruh Sihir, Nomor Terakhir Paling Enak Dimakan
    Muslimah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 17:39 WIB
    Sebagai orang yang beriman, kita diperintahkan untuk memohon perlindungan dari Allah Subhanahu wa taala dari pengaruh-pengaruh jelek sihir ini.