QS. Ali 'Imran Ayat 96-97

  • اِنَّ اَوَّلَ بَيۡتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَـلَّذِىۡ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلۡعٰلَمِيۡنَ‌‌ۚ
    Inna awwala Baitinw wudi'a linnaasi lallazii bi Bakkata mubaarakanw wa hudal lil 'aalamiin
    96. Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.
  • فِيۡهِ اٰيٰتٌ ۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبۡرٰهِيۡمَۚ  وَمَنۡ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ‌ؕ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الۡبَيۡتِ مَنِ اسۡتَطَاعَ اِلَيۡهِ سَبِيۡلًا ‌ؕ وَمَنۡ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِىٌّ عَنِ الۡعٰلَمِيۡنَ
    Fiihi Aayaatum baiyinaatum Maqoomu Ibraahiima wa man dakhalahuu kaana aaminaa; wa lillaahi 'alan naasi Hijjul Baiti manis tataa'a ilaihi sabiilaa; wa man kafara fa innal laaha ghaniyyun 'anil 'aalamiin
    97. Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.
Update Haji 2024: 66.611 Jemaah Kembali ke Tanah Air, 336 Orang Wafat
Update Haji 2024: 66.611 Jemaah Kembali ke Tanah Air, 336 Orang Wafat

Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di penyelenggaraan ibadah haji 1445H/2024M kembali bertambah, total jemaah haji yang wafat sebanyak 336 orang.

20 Contoh Ucapan Tahun Baru Islam yang Penuh Makna
20 Contoh Ucapan Tahun Baru Islam yang Penuh Makna

Pada tahun 2024 ini, 1 Muharram 1446 Hijriah jatuh pada Ahad, 7 Juli 2024. Momen tersebut menjadi tahun baru dalam kalender Hijriah yang kerap disebut sebagai tahun baru Islam.

Bolehkah 1 Muharram Berpuasa? Bagaimana Dalilnya
Bolehkah 1 Muharram Berpuasa? Bagaimana Dalilnya

Bolehkah umat Islam melaksanakan puasa sunnah di tanggal 1 Muharram atau tahun baru hijriah? Adakah dalil dan nash yang memerintahkannya?

10 Orang Ustaz Pembimbing dari BPHU Indonesia Diundang Syuuun Diniyyah Masjid An Nabawi Madinah
10 Orang Ustaz Pembimbing dari BPHU Indonesia Diundang Syu'uun Diniyyah Masjid An Nabawi Madinah

Sebanyak 10 ustaz pembimbing dari BPHU (Biro Perjalanan Haji dan Umroh) Indonesia diundang oleh Syuuun Diniyyah (se,acam DKM) Masjid An Nabawi Madinah.

Muhammadiyah Gunakan Kalender Hijriah Global Mulai Tahun 1446 H
Muhammadiyah Gunakan Kalender Hijriah Global Mulai Tahun 1446 H

Mulai 1 Muharram 1446 H atau Ahad, 7 Juli 2024 M, Muhammadiyah meluncurkan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Ini menandai periode penggunaan formal KHGT bagi organisasi massa Islam ini.

Hai bro