4 Golongan yang Tidak Tersentuh Api Neraka

loading...
4 Golongan yang Tidak Tersentuh Api Neraka
4 Golongan yang Tidak Tersentuh Api Neraka
Salah satu pokok keyakinan umat muslim adalah mengimani keberadaan surga (al-Jannah) dan neraka (an-Naar). Keberadaan surga dan neraka ini telah tercipta sebelum penciptaan makhluk.

Allah menyediakan surga untuk orang-orang yang bertakwa. Sebaliknya neraka diciptakan untuk mereka yang kufur nikmat dan mengingkari Allah dan Rasul-Nya.

Dai kondang KH Abdullah Gymnastiaratau AA Gym dalam Kajian Ba'da Dzuhur di Masjid Daarut Tauhiid, Jalan Cipaku 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menyebut 4 golongan yang diharamkan tersentuh api neraka.

Imam At-Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud dalam hadits sahih tentang orang yang diharamkan tersentuh api neraka, Rasulullaahshallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda: "Maukah kamu aku beri tahu siapa yang diharamkan jasadnya tersentuh api neraka?". Rasulullah SAW bersabda ada 4 golongan ternyata tidak tersentuh api neraka.



1. Hayyin.
Hayyin itu tenang, teduh, lahir batin, senantiasa menjaga lisan, pikiran dan sikapnya terpelihara. Tenang menenangkan, teduh meneduhkan. Stabil emosinya. Susah senang terjaga, tidak mudah tersinggung, tidak terprovokasi dan tidak reaksional.

2. Layyin.
Layyin artinya lembut, sopan, santun, akhlak baik dan tidak kasar, tidak sakiti orang, sangat sopan, senang dengan kebaikan. Senang melihat kebaikan tersebar, ingin selalu berbuat baik.

3. Qarib.
Qarib itu dekat, hangat, menyenangkan tidak menyakitkan.



4. Sahl.
Sahl itu mudah, tidak mempersulit, tidak rumit. Jual beli mudah, interaksi mudah dan cenderung pilih mudah dan solusi.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اَلَمۡ تَكُنۡ اٰيٰتِىۡ تُتۡلٰى عَلَيۡكُمۡ فَكُنۡتُمۡ بِهَا تُكَذِّبُوۡنَ‏
Bukankah ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepadamu, tetapi kamu selalu mendustakannya?

(QS. Al-Mu’minun:105)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video