Selamat Datang Rabiul Awal, Bulan Agung Rasulullah SAW

loading...
Selamat Datang Rabiul Awal, Bulan Agung Rasulullah SAW
Selamat Datang Rabiul Awal, Bulan Agung Rasulullah SAW
Malam ini umat Islam memasuki 1 Rabiul Awal 1441 Hijriyah bertepatan Senin malam, 28 Oktober 2019. Rabiul Awal (Rabi'ul Awwal) adalah bulan ketiga dalam penanggalan Hiriyah (30 hari).

Bagi umat Islam, Rabiul Awal sangat istimewa karena merupakan bulan kelahiran manusia mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Rabiul Awal disebut juga bulannya Rasulullah SAW.

Selain identik dengan Maulid Nabi, Rabiul Awal memiliki banyak keutamaan. Banyak peristiwa penting yang dilalui Nabi Muhammad SAW di bulan ini.

Al-Habib Quraisy Baharun, pendiri Pondok Pesantren As-Shidqu Kuningan Jawa Barat mengungkapkan beberapa peritiwa penting di bulan Rabiul Awal. Rasulullah SAW lahir ke dunia pada bulan Rabiul Awal (ulama berpendapat 12 Rabiul Awal) tepatnya tahun gajah di Mekkah Al-Mukarromah. Beliau juga wafat di Madinah pada bulan Rabiul Awal.



Selain itu, ada juga peristiwa agung lain seperti hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah yang juga terjadi pada bulan ini. Berangkat dari Makkah Al-Mukaromah bersama Sahabat Abu Bakar RA, Rasulullah tiba di Kota Yatsrib, sebelum berganti nama menjadi Madinah pada bulan Rabiul Awal.

Juga peristiwa turunnya wahyu pertama pada Rasulullah berupa ru'ya al-Shodiqoh (mimpi yang benar). Para ulama sepakat bahwa peristiwa turunnya wahyu pertama tepat saat Rasulullah berusia 40 tahun, dan ini terjadi pada bulan Rabi'ul Awal.

"Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Publik figur itu adalah Muhammad SAW, maka mari membumikan ketauladanan Rasulullah ke seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata ulama yang juga murid Ulama besar Yaman, Habib Umar bin Hafidz . (Baca Juga: Biografi Nabi Muhammad, Manusia Teragung Sepanjang Masa)
(rhs)
cover top ayah
فَلَا تُعۡجِبۡكَ اَمۡوَالُهُمۡ وَلَاۤ اَوۡلَادُهُمۡ‌ؕ اِنَّمَا يُرِيۡدُ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمۡ بِهَا فِى الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا وَتَزۡهَقَ اَنۡفُسُهُمۡ وَهُمۡ كٰفِرُوۡنَ
Maka janganlah harta dan anak-anak mereka membuatmu kagum. Sesungguhnya Allah akan menyiksa mereka dengan harta itu dalam kehidupan dunia dan kelak akan mati dalam keadaan kafir.

(QS. At-Taubah:55)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video