Apa Beda Istighfar dengan Taubat? Ini Jawaban Aa Gym

Kamis, 21 November 2019 - 17:32 WIB
Apa Beda Istighfar dengan Taubat? Ini Jawaban Aa Gym
Apa Beda Istighfar dengan Taubat? Ini Jawaban Aa Gym
A A A
Founder Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam tausiyahnya menjelaskan perbedaan istighfar dan taubat. Menurut dai asal Jawa Barat ini, taubat artinya kembali kepada Allah Ta'ala. Sedangkan istighfar adalah bagian dari taubat (meminta ampun kepada Allah Ta'ala)

"Kalau taubat tidak bisa diwakili oleh orang lain. Tolong taubati ya dosa saya. Tidak bisa. Kita yang harus kembali kepada Allah. Kalau Istighfar bisa didoakan oleh orang lain. Tolong doakan saya agar diampuni oleh Allah Ta'ala," terang Aa Gym.

Makanya ada doa "Allahummaghfirlana waliwalidaina" itu bisa. Atau "Allahummaghfirlil muslimina Wal Muslimat". Tapi, kalau taubat, kita harus kembali pada-Nya. Taubat juga tidak cukup hanya dengan istighfar, namun harus berhenti berbuat maksiat, kemudian menyesalinya dan menggangtinya dengan berbuat kebaikan.

Salah satu doa yang mendapat pahala luar biasa adalah memintakan ampunan untuk kaum muslimin.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَات وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَات

"Ya Allah, ampunilah seluruh kaum muslimin dan kaum muslimat, kaum mukminin dan kaum mukminat, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal."

Rasulullah SAW bersabda:
من استغفر للمؤمنين والمؤمنات كتب الله له بكل مؤمن ومؤمنة حسنة
"Barang siapa memintakan maghfirah (ampunan dosa) untuk kaum mukminin dan kaum mukminat, niscaya Allah catat baginya satu kebaikan untuk setiap mukmin dan mukminatnya." (HR. At-Thabrani)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3890 seconds (0.1#10.140)