Nasihat Indah Ustaz Felix Siauw yang Menyentuh Hati

Senin, 02 Desember 2019 - 05:15 WIB
Nasihat Indah Ustaz Felix Siauw yang Menyentuh Hati
Nasihat Indah Ustaz Felix Siauw yang Menyentuh Hati
A A A
Ustaz Felix Siauw mengunggah nasihat indah usai bertemu seorang pembicara muslim Amerika dan pengajar Bahasa Arab terkenal Nouman Ali Khan belum lama ini. Ustaz Felix memuji kiprah Nouman Ali Khan yang mendunia, namun tetap humble dan menempatkan diri sebagai awam.

Kata Ustaz Feliz dalam akun IG resminya @felixsiauw kemarin, setiap level pelajaran ada ujiannya. Begitu juga tiap tahapan dalam Islam, semakin naik tahapnya, maka semakin berat pula ujiannya, dan bila jatuh, pastinya lebih sakit.

Bila ujian bagi awam adalah istiqamah belajar, maka ujian bagi yang terpelajar adalah merasa awam. Yang awam mungkin hanya tak tahu, tapi yang terlajar bisa jadi sok tahu

Kita pahami, yang disasar oleh setan pertama kali justru manusia yang beribadah, justru mereka yang berilmu, agar merasa cukup dengan ibadahnya, tinggi dengan ilmunya.

Karenanya mereka mulai merasa bahwa mereka pasti menghuni surga, atau minimal merasa kasihan pada yang lain yang tak sama seperti dirinya, takabur.

Begitulah setan membalut arogansi dengan ketaatan. Agar si taat tak lagi mau bergaul dengan pemaksiat, sebab merasa diri sudah suci, khawatir terjatuh fitnah syubhat.

Bila sudah begitu, maka kebaikan orang lain begitu sulit dilihat, apalagi diakui. Sebaliknya, dia akan fokus pada kelemahan dan kekurangan orang lain.

Bukankah itu yang terjadi pada iblis saat melihat manusia? Iblis hanya melihat manusia dibuat dari tanah, hingga dia merasa lebih baik, padahal manusia punya banyak kebaikan.

Ujian kita semua itu bukan memahami ilmu, tapi bagaimana caranya untuk menempatkan diri selalu sebagai pencari ilmu, mendidik diri dengan adab santri.

Sebab Allah tak pernah bertanya tentang hasil. Semua yang Allah hargai adalah usaha. Sebab Allah mengetahui, tak semua berhasil, tapi semua bisa berusaha. (Baca Juga: Cerita Berkesan Ustaz Felix Siauw Saat Bertemu Habib Umar)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3422 seconds (0.1#10.140)