alexametrics

Dosa Selama 80 Tahun Diampuni Berkat Salawat Ini, Yuk Amalkan!

loading...
"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya". (Al-Ahzab:56)

Penggalan ayat dalam Surah Al-Ahzab di atas cukup menegaskan bahwa salawat memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah Ta'ala. Keutamaan bersalawat salah satunya mendapat ganjaran 10 kali salawat dari Allah Ta'ala.

Selain itu, salawat menjadi penggugur dosa dan penyebab seseorang bisa dekat dengan Nabi Muhammad shalllallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Masih banyak lagi fadhilah (keutamaan) lain yang tidak bisa dijelaskan secara rinci.



Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk menghidupkan salawat terutama di Hari Jumat. Sebagaimana Hadis dari sahabat Aus bin Aus radhiallallahu 'anhu (RA), Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat. Karena itu perbanyaklah membaca salawat untukku. Sesungguhnya salawat kalian ditampakkan kepadaku."

Dari banyak lafaz salawat yang diajarkan Rasulullah mulai dari salawat pendek hingga salawat Ibrahimiyah, ada satu salawat yang memiliki keutamaan besar. Salawat ini bisa menjadi asbab diampuninya dosa selama 80 tahun.

Sahabat Abu Hurairah RA berkata, "Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ صَلىَّ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمْعَةِ ثَمَانِيْنَ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَ ثَمَانِيْنَ سَنَةً قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ الصَّلاَةُ عَلَيْكَ قَالَ: قُوْلُوْا اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ، وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً
"Barangsiapa yang membaca salawat kepadaku pada hari Jumat delapan puluh kali maka Allah akan mengampuni dosanya selama delapan puluh tahun. Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam ditanya: "Ya Rasulullah, bagaimana cara membaca salawat kepadamu?" Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Ucapkan:
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ

'Ya Allah, limpahkanlah salawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi', dan kamu hitung satu kali".

(Hadis Hasan Riwayat Al-Daraquthni. Hadis ini dinilai Hasan oleh Al-Imam Ibnu Al-Nu'man dan Al-Hafizh Al-'Iraqi).

Wallahu A'lam Bisshowab
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
وَاِذَا مَسَّ الۡاِنۡسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۡۢبِهٖۤ اَوۡ قَاعِدًا اَوۡ قَآٮِٕمًا ۚ فَلَمَّا كَشَفۡنَا عَنۡهُ ضُرَّهٗ مَرَّ كَاَنۡ لَّمۡ يَدۡعُنَاۤ اِلٰى ضُرٍّ مَّسَّهٗ‌ؕ كَذٰلِكَ زُيِّنَ لِلۡمُسۡرِفِيۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
Apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali ke jalan yang sesat, seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk menghilangkan bahaya yang telah menimpanya. Begitulah, orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang mereka kerjakan.

(QS. Yunus:12)
cover bottom ayah
preload video