alexametrics

Inilah Amalan yang Dapat Menghapus Dosa dan Dikabulkannya Doa

loading...
Inilah Amalan yang Dapat Menghapus Dosa dan Dikabulkannya Doa
Inilah Amalan yang Dapat Menghapus Dosa dan Dikabulkannya Doa
Andai umat Islam tahu dahsyatnya keutamaan bersalawat, niscaya lisan mereka tak akan bosan menghidupkan salam dan salawat kepada Baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Lafaz salawat memang tampak ringan, namun berat diucapkan oleh mereka yang tidak mengenal Rasulullah SAW.

Berikut fadhillah (keutamaan) salawat sebagaimana dikemukakan oleh Pengasuh Ponpes As-Shidqu Kuningan, Al-Habib Quraisy Baharun.

1. Mentaati Perintah Allah dan Rasul-Nya.
Allah Ta'ala memerintahkan hambaNya untuk bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Inilah satu-satunya perintah yang Allah Ta'ala juga melakukannya. Allah Ta'ala berfirman:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
"Sesungguhnya Allah dan Para Malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Surah Al-Ahzab: 56)



Salawat Allah untuk Nabi Muhammad bermakna untuk memuliakannya di depan para Malaikat dan memberinya rahmat. Sedangkan salawat Malaikat untuk Nabi bermakna memohonkan ampunan untuk beliau.

2. Bersalawat 1 Kali Dibalas 10 Kali oleh Allah.
Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
"Barangsiapa bersalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersalawat kepadanya sepuluh kali". (HR. Muslim)

Salawat dari Allah ini artinya adalah pemberian kebaikan (rahmat) untuk hamba-Nya sebagaimana sabda Nabi: "Barangsiapa bersalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah 'Azza wa Jalla mencatat untuknya sepuluh kebaikan". (HR. Ahmad)

3. Bersalawat 1 Kali Dihapus 10 Dosa.
Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ
"Barangsiapa bersalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersalawat kepadanya sepuluh salawat dan menghapus darinya sepuluh dosa". (HR. Ahmad)

4. Bersalawat 1 Kali Diangkat 10 Derajat.
Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ
"Barangsiapa bersalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersalawat kepadanya sepuluh salawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat." (HR. An-Nasa'i)

5. Mendapat Syafa'at Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW akan memberikan syafa'at kepada umatnya di akhirat nanti. Yang paling berhak mendapatkan syafaat adalah mereka yang paling banyak bersalawat kepada beliau. Nabi SAW bersabda:
أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً
"Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersalawat kepadaku". (HR. Tirmidzi)

6. Menjadi Orang Paling Dekat dengan Rasulullah.
Orang yang banyak bersalawat akan didekatkan dengan Rasulullah SAW. Beliau bersabda:
أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً
"Perbanyaklah bersalawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya salawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak salawatnya, maka ia menjadi orang yang paling dekat kedudukanya dariku". (HR. Al-Baihaqi)

7. Memudahkan Terkabulnya Doa.
Doa memiliki syarat dan adab agar dikabulkan Allah Ta'ala. Di antara adab berdoa adalah bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda:
كل دعاء محجوب حتى يصلي على محمد
"Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan salawat kepada Nabi Muhammad". (HR. At-Thabrani)

8. Dimasukkan ke Dalam Surga.
Orang yang banyak membaca salawat akan dimudahkan untuk masuk surga. Sebaliknya, orang yang disebut nama Nabi Muhammad namun tidak bersalawat kepada beliau, orang itu akan disimpangkan dari jalan surga. Beliau bersabda:
مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَخَطِئَ الصَّلاةَ عَلَيَّ ، خَطِئَ طَرِيقَ الْجَنَّةِ
"Barangsiapa yang aku disebutkan di sisinya lalu ia tidak mengucapkan salawat kepadaku, maka ia akan disimpangkan dari jalan surga". (HR. At-Thabrani)

Lafaz Salawat Paling Pendek:

اللهم صل وسلم على نبينا محمد
Allahumma shollii wa sallim 'alaa Nabiyyina Muhammad.(Ya Allah, limpahkanlah salawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad).
صلى الله عليه وسلم.
shallallahu 'alaihi wa sallam
(Semoga Allah melimpahkan salawat dan salam kepadanya)

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala aali sayidina Muhammadin.
(Ya Allah, limpahkanlah salawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga Nabi Muhammad)
(rhs)
cover top ayah
اِنَّا هَدَيۡنٰهُ السَّبِيۡلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّاِمَّا كَفُوۡرًا‏
Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.

(QS. Al-Insan:3)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak