Masya Allah! Inilah Rahasia dan Manfaat Salat untuk Kesehatan (2)

Selasa, 25 Februari 2020 - 05:15 WIB
Masya Allah! Inilah Rahasia dan Manfaat Salat untuk Kesehatan (2)
Masya Allah! Inilah Rahasia dan Manfaat Salat untuk Kesehatan (2)
A A A
Salah satu metode pengobatan Nabi (Thibbun Nabawi) yang bermanfaat untuk kesehatan adalah salat. Syeikh Prof Abdul Basith Muhammad as-Sayyid mengulas rahasia dan manfaat salat bagi kesehatan tubuh dalam Kitab Tha'amur-Rasul SAW wat-Tadawi bil-Ghidza.

Al-Muwafiq 'Abdul Lathif dalam buku Al-Arba'in mengatakan, "Aku berjumpa dengan sekelompok orang yang selalu berbahagia dan sehat. Aku lalu mencari penyebabnya. Ternyata, penyebabnya karena mereka sering melakukan salat dan Tahajjud.

Alangkah bermanfaatnya sujud bagi orang yang mengalami sakit flu dan demam. Alangkah besarnya pengaruh sujud untuk melancarkan hidung tersumbat. Alangkah besarnya pengaruh sujud untuk pencernaan makanan di dan perut, dan mengeluarkan sisa-sisa makanan.

Kata Syeikh Abdul Basith, salat dapat menghilangkan kegelisahan dan meredakan amarah. Salat juga dapat menumbuhkan cinta kebenaran, sifat tawadhu, kelembutan hati, suka memaafkan dan membenci sifat dendam.

Salat dapat dijadikan sumber inspirasi, sarana mencari jawaban yang tepat, berpikir benar, mengingat yang terlupa, muhasabah, dan membuat perencanaan yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Apalagi jika salat itu dilakukan dalam suasana tenang, yaitu pada tengah malam di saat orang-orang terlelap tidur, sunyi dan tenang.

Pada saat itu, energi manusia akan menyatu dengan energi ruhani yang memberikan kekuatan luar biasa dalam tubuh. Karena itu Rasulullah SAW pernah berkata: "Wahai Bilal, hiburlah kami dengan salat." (HR At-Thabrani)

Rasulullah memperoleh ketenangan dan kebahagiaan jiwa melalui salat. Sebab itulah, Allah Ta'ala menjadikan salat sebagai permata hati dan bermanfaat bagi kebahagiaan dunia dan akhirat.

Ini juga salah satu sebab disyariatkannya salat tarawih pada bulan Ramadhan. Mengingat salat mengandung kebaikan bagi kehidupan dunia dan akhirat, yang diturunkan oleh Allah 'Azza wa Jalla. Selain itu, salat dapat menolak segala penyakit yang ada dalam tubuh dan jiwa seseorang.

Sahal bin Sa'ad meriwayatkan Rasulullah SAW pernah meludahi mata Ali bin Abi Thalib ketika sakit, kemudian beliau mendoakannya, hingga kemudian ia pun sembuh (HR Al-Bukhari). Ini merupakan salah satu mukjizat yang dimiliki Rasulullah lantaran kekhusukannya melakukan salat.

Diriwayatkan bahwa ada seorang laki-laki pernah mengeluh kepada Rasulullah karena kedua matanya sakit. Rasulullah bersabda kepadanya, "Lihatlah (bacalah) Mushaf Al-Qur'an !"

Seorang laki-laki juga pernah mengeluh kepada Rasulullah SAW karena sikap keras hatinya. Rasulullah pun bersabda, "Usap kepala anak yatim dan berikan makan kepadanya." Kemudian seseorang pernah mengadukan hal yang sama kepada Abu Darda'. Abu Darda' berpesan, "Jenguk orang sakit, hadiri pengurusan jenazah, dan berziarahlah ke kubur".

Demikian ulasan singkat rahasia dan manfaat salat untuk kesehatan tubuh. Untuk diketahui, salat yang dilakukan secara benar sesuai syariat dan adab-adabnya maka akan membawa kebaikan bagi orang yang mengerjakannya. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mengerjakan salat dengan benar. [Baca Juga: Masya Allah! Inilah Rahasia dan Manfaat Salat untuk Kesehatan (1)]

Wallahu A'lam Bish-Showab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3164 seconds (0.1#10.140)