Masya Allah! Salat di Shaf Pertama Didoakan Malaikat

loading...
Masya Allah! Salat di Shaf Pertama Didoakan Malaikat
Masya Allah! Salat di Shaf Pertama Didoakan Malaikat
Ibadah salat bukan perkara main-main dalam Islam . Salat merupakan tiang agama, siapa yang meninggalkan salat berarti ia telah meruntuhkan agama. Itu sebabnya syariat mewajibkan umat muslim untuk salat berjamaah di masjid. Dalam hadis Nabi disebutkan, amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba di hari Kiamat adalah salatnya.

Al-Habib Ahmad bin Novel bin Jindan (Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah) dalam catatannya yang menukil kalam Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad menyebutkan, jika engkau salat di belakang imam, maka ikutilah dengan baik. Sesungguhnya dijadikannya seorang imam adalah untuk diikuti. Hindarilah menyamainya dalam sebagian dari gerakannya, apalagi engkau mendahuluinya, justru sebaiknya engkau menjadikan gerakan salatmu setelah gerakan imam.

Dalam hal ini, Baginda Nabi shalallahu 'alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam (SAW) bersabda:

الذي يخفض ويرفع قبل الإمام إنما نا صيته بيد الشيطان



Artinya: Orang yang turun dan berdiri sebelum imamnya, sesungguhnya pikirannya ditangan setan.

Hendaknya seseorang menempati shaf (barisan) pertama tanpa menyakiti orang lain. Jangan sampai mundur darinya saat engkau mampu maju kepadanya. Hal ini sebagaimana sabda Baginda Nabi SAW:

لا يزال قوم يتأخرون حتى يؤخرهم الله

Artinya: Sekelompok orang yang selalu mundur (dari shaf pertama) mereka akan diakhirkan oleh Allah Ta'ala.

Salat di barisan (shaf) pertama memiliki keutamaan besar sebagaimana disampaikan Rasulullah SAW dalam satu hadis, Beliau bersabda:
halaman ke-1
cover top ayah
وَتَرَى الۡجِبَالَ تَحۡسَبُهَا جَامِدَةً وَّهِىَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ‌ؕ صُنۡعَ اللّٰهِ الَّذِىۡۤ اَتۡقَنَ كُلَّ شَىۡءٍ‌ؕ اِنَّهٗ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَفۡعَلُوۡنَ‏
Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan (seperti) awan berjalan. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Naml:88)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video