Ujian dan Musibah Adalah Tanda Kasih Sayang Allah

loading...
Ujian dan Musibah Adalah Tanda Kasih Sayang Allah
Ujian dan Musibah Adalah Tanda Kasih Sayang Allah
Dalam pandangan syariat, ujian dan musibah adalah tanda kasih sayang Allah Ta'ala kepada hamba-Nya. Itu sebabnya dibalik kesulitan selalu ada hikmah (kemudahan) dan pelajaran berharga.

"Seberapa berat ujian yang Allah berikan kepada kita, sebesar itu pula hadiah yang akan Allah berikan kepada kita di akhirat nanti," kata Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA) melalui akun IG @zulkiflima, kemarin.

Dai yang dijuluki 'Ustaz Akhir Zaman' ini menukil salah satu Hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Beliau bersabda:
إِذَا أَرَادَ الله بعبدِهِ الخَيرَ عَجَّلَ لَهُ العُقُوبَةَ في الدُّنْيا ، وَإِذَا أَرَادَ اللهُ بِعَبدِهِ الشَّرَّ أمْسَكَ عَنْهُ بذَنْبِهِ حَتَّى يُوَافِيَ بِهِ يومَ القِيَامَةِ

"Apabila Allah menginginkan kebaikan kepada hamba-Nya, Allah akan segerakan sanksi untuknya di dunia. Dan apabila Allah menginginkan keburukan kepada hamba-Nya, Allah akan menahan azab baginya akibat dosanya (di dunia), sampai Allah membalasnya (dengan sempurna) pada hari Kiamat." (HR. At Tirmidzi dan Al-Hakim dari Anas bin Malik)

Kemudian Rasulullah SAW juga pernah menyampaikan bahwa jika Allah Ta'ala mencintai hamba-Nya, maka Allah akan memberinya ujian sehingga hamba tersebut semakin bertakwa kepada Allah Ta'ala. (Syarah Al Jami As-Shagir 1/127)



Al-Hafiz Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan: "Allah selalu memberikan jalan keluar kepada wali-wali-Nya dari setiap cobaan yang dihadapinya. Hanya saja, terkadang jalan keluar yang diberikan sebagiannya ada yang ditangguhkan sebagai pembenahan dari sesuatu yang tidak layak dan sebagai tambahan pahala bagi mereka".
(rhs)
cover top ayah
وَاتَّخَذُوۡا مِنۡ دُوۡنِهٖۤ اٰلِهَةً لَّا يَخۡلُقُوۡنَ شَيۡـًٔـا وَّهُمۡ يُخۡلَقُوۡنَ وَلَا يَمۡلِكُوۡنَ لِاَنۡفُسِهِمۡ ضَرًّا وَّلَا نَفۡعًا وَّلَا يَمۡلِكُوۡنَ مَوۡتًا وَّلَا حَيٰوةً وَّلَا نُشُوۡرًا‏
Namun mereka mengambil tuhan-tuhan selain Allah untuk disembah, padahal mereka tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan oleh manusia, dan tidak kuasa untuk menolak bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat mendatangkan manfaat serta tidak kuasa mematikan, menghidupkan, dan tidak pula membangkitkan.

(QS. Al-Furqan:3)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video