5 Sebab Bulan Ramadhan Dimuliakan Allah

loading...
5 Sebab Bulan Ramadhan Dimuliakan Allah
5 Sebab Bulan Ramadhan Dimuliakan Allah
Hari ini kita berada di pertengahan bulan Sya'ban (15 Sya'ban) yang artinya Ramadhan 1441 Hijriyah tinggal 14 hari lagi (Jumat, 24 April 2020). Kenapa bulan suci Ramadhan dimuliakan Allah Ta'ala dari bulan lainnya?

Ramadhan (رمضان) adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah (penanggalan Qomariyah). Ramadhan berasal dari kata Romadh (رمض) yang artinya panas menyengat atau membakar. Dinamakan seperti itu karena memang matahari pada bulan ini lebih menyengat dibanding bulan lainnya.

Secara hakikat, kehadiran Ramadhan akan membakar dosa-dosa selama hidupnya. Di bulan itu umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Setiap amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegafmengemukakan 5 sebab dimuliakannya bulan Ramadhan saat kajian "Fiqih Puasa" di Masjid An-Nashr, Bintaro Jaya Sektor 5, Tangerang Selatan belum lama ini.

1. Allah Memilih Ramadhan sebagai Bulan Diwajibkannya Berpuasa.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah: ayat 183)



Barang siapa mampu berpuasa di bulan Ramadhan itu merupakan kemuliaan besar. Ketika Allah Ta'ala memuliakan bulan Ramadhan, maka kita hendaknya tidak bermaksiat di bulan Ramadhan. Apalagi Ramadhan merupakan penghulu dari semua bulan.

2. Allah Menurunkan Al-Qur'an di Bulan Ramadhan.
Salah satu sebab yang membuat Ramadhan menjadi istimewa karena Allah murunkan Kitab Suci Al-Qur'an di bulan tersebut. Tidak hanya itu, kitab lain seperti Taurat, Zabur, Injil juga diturunkan pada bulan Ramadhan. Subhanallah, semua perintah agama diturunkan di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan Al-Quran. Sebagaimana firman Allah:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ...

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)..." (QS Al-Baqarah: ayat 185)

Keistimewaan umat Nabi Muhammadshallallahu 'alaihi wa sallam seluruh bumi bisa dipakai ibadah selama tidak ada najis. Kalau umat terdahulu, apabila mau ibadah harus mencari tempat ibadah. Selain itu, umat terdahulu bayar zakat 25%, kalau umat Nabi Muhammad SAW cuma 2,5%.



Al-Qur'an diturunkan 23 tahun secara berangsur-angsur supaya lebih mudah diterima. Semua kitab diturunkan di bulan Ramadhan dan kita pun diwajibkan memuliakan Ramadhan.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
مَا كَانَ لِلنَّبِىِّ وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡاۤ اَنۡ يَّسۡتَغۡفِرُوۡا لِلۡمُشۡرِكِيۡنَ وَ لَوۡ كَانُوۡۤا اُولِىۡ قُرۡبٰى مِنۡۢ بَعۡدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمۡ اَنَّهُمۡ اَصۡحٰبُ الۡجَحِيۡمِ
Tidak pantas bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memohonkan ampunan (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, sekalipun orang-orang itu kaum kerabat(nya), setelah jelas bagi mereka, bahwa orang-orang musyrik itu penghuni neraka Jahanam.

(QS. At-Taubah:113)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video