5 Amalan Menyambut Malam Nisfu Syaban, Nomor 2 Disukai Rasulullah SAW

Rabu, 01 Maret 2023 - 21:09 WIB
4. Memperbanyak Sholawat

Bulan Syaban disebut juga sebagai bulan bersholawat. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan ayat perintah bersholawat atas Nabi (Surat Al-Ahzab ayat 56) diturunkan pada bulan Syaban.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS Al-Ahzab: 56)

5. Memperbanyak Doa

Amalan sunnah berikutnya dalam menyambut malam Nisfu Syaban adalah memperbanyak doa. Salah satu doa yang bisa dipanjatkan adalah memohon keberkahan dan dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan.

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان وحصل مقاصدنا برحمتك يا ارحم الراحمين

"Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya'bana, wa ballighna Romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rahmatika ya Arhamar Rohimin."

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban ini, sampaikanlah kami pada bulan ramadhan, dan hasilkanlah maksud-maksud kami, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih."

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu? Rasulullah shallallahu 'alahi wa salam menjawab: Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.

(HR. Tirmidzi No. 2251)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More