Surat Ad-Dhuha Latin, Arab dan Artinya Beserta Keutamaannya

Minggu, 25 Juni 2023 - 22:42 WIB
Surat ini dikenal sebagai amalan untuk kelapangan hati. Surat ini selalu dibaca Rasulullah SAW ketika sholat sunnah Dhuha. Rasulullah SAW bersabda: "Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rekaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan mencukupimu di akhir harimu." (Riwayat dari Abu Darda)

Asbabun Nuzul Surat Ad-Dhuha ini diturunkan ketika kaum musyrikin Mekkah menyakiti dan mengolok-olok Rasulullah SAW hingga disebut gila. Dari Jundub bin Abdillah bin Sufyan al-Bajali radhiyallahu 'anhu, ia berkata: "Jibril 'alaihissalam tertahan (tidak kunjung datang) kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu wanita musyrik dari Quraisy berkata dengan maksud mengolok-olok Nabi. Maka turunlah Surat ini untuk menenangkan hati baginda Nabi Muhammad SAW.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
رَبَّنَا لَا تُزِغۡ قُلُوۡبَنَا بَعۡدَ اِذۡ هَدَيۡتَنَا وَهَبۡ لَنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً ‌ ۚ اِنَّكَ اَنۡتَ الۡوَهَّابُ
Mereka berdoa, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

(QS. Ali 'Imran Ayat 8)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More