Amalan-amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Iduladha

Selasa, 27 Juni 2023 - 04:50 WIB
- Muqoyyad maksudnya yang terikat dengan sholat, baik sunnah, wajib bahkan sholat jenazah. Maka disunnahkan bagi orang yang tidak melaksanakan haji dimulai dari Subuh Hari Arafah sampai Sholat Ashar di hari 13 Dzulhijjah. Adapun yang melaksanakan ibadah haji di mulai dari masuknya Zhuhur di Hari Raya Idul Adha sampai Sholat Subuh di hari 13 Dzhulhijjah setelah tahallul dilanjutkan sampai masuknya waktu Asar.

9. Berkumpul di suatu tempat di Hari Arafah dengan niatan menyerupai orang-orang yang wuquf di Arofah serta berdzikir dan doa bersama seperti kebiasaan di Kota Tarim Yaman.

10. Menyembelih udhiyyah di Hari Raya Idul Adha. Hendaknya bagi yang berudhiyah tidak memotong kuku dan mencukur rambut mulai awal Dzhulhijjah sampai terlaksanakannya udhiyah tersebut dikarenakan hukumnya makruh.

11. Mandi Sunnah Hari Raya Idul Adha walaupun bagi orang yang haid.

12. Memakai wangi-wangian serta memakai pakaian paling bagus di antara pakaiannya di Hari Raya Idul Adha.

13. Melaksanakan sholat Idul Adha dan berpagi-pagi menuju masjid untuk melaksanakan Sholat Id untuk menampakkan syi'ar Islam.

14. Disunnahkan tidak makan sesuatu setelah sholat Subuh di Hari Raya tersebut sampai setelah Sholat Idul Adha.

15. Mengucapkan tahni'ah (ucapan selamat) Hari Raya Idul Adha kepada kerabat, sahabat, dan lain-lain.

Inilah di antara amalan-amalan yang dianjurkan di 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Al Aghar Al Muzanni, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala, sesungguhnya aku beristighfar sebanyak seratus kali dalam sehari.

(HR. Muslim No. 4870)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More