5 Ulama Indonesia yang Jenazahnya Masih Utuh Saat Makamnya Dibongkar

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 00:00 WIB
Kiyai Ahmad Baidowi adalah pengasuh Madrasah Dakwatut Tauhid di Desa Batuporo Barat Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang. Beliau meninggal dunia karena menderita sakit di bulan Maulid Tahun 2017. Ketika makamnya dibongkar pada November 2020 lalu, jasadnya masih utuh.

Hal ini dibenarkan oleh putra almarhum, KH Sufyan dilansir dari Madura Indepht. Makam KH Ahmad Baidowi dipindahkan karena tanahnya ambruk setelah diguyur hujan. Saat kuburannya digali untuk dipindahkan, jasad almarhum KH Ahmad Baidowi terlihat masih utuh dan kain kafan sudah berubah warna. KH Ahmad Baidowi dikebumikan di selatan Masjid Darul Iman.

5. Muhya bin Rudia (Guru Ngaji di Subang)



Muhya bin Rudia adalah seorang guru ngaji di Dusun Cikadu, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pembongkaran makamnya pada Januari 2022 lalu sempat menghebohkan warga Subang karena kondisi jasadnya masih utuh. Makam almarhum dipindahkan ke pemakaman Pasirnaan yang lokasinya tidak jauh dari makam sebelumnya.

Menurut penggali kubur, Ace Kosasih, kondisi jasad almarhum Muhya masih utuh saat akan dipindahkan. Kulitnya masih ada dan tulangnya juga masih menyatu. Namun memang terlihat kering tapi tidak mengeluarkan aroma busuk, justru mengeluarkan aroma harum. Almarhum Muhya telah dimakamkan lebih dari 17 tahun lamanya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya dia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah mendengar seseorang mengucapkan: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwasanya Engkau adalah Allah Yang Maha Esa, yang bergantung pada-Nya segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sungguh dia telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya yang Agung, yang apabila diminta dengan menyebut-Nya, pasti akan diberi dan apabila berdoa dengan menyebut-Nya pasti akan dikabulkan.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3847)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More