Niat Sholat Jamak Zhuhur dan Ashar Beserta Tata Caranya

Jum'at, 29 September 2023 - 21:54 WIB
Apabila dalam perjalanan, Rasulullah SAW menjamak sholat Zhuhur dengan Ashar serta Maghrib dengan Isya. Foto/ist
Berikut niat sholat Jamak Zhuhur dan Ashar besertatatacaranya. Jamak artinya mengumpulkan dua sholat fardhu dalam satu waktu dan dikerjakan secara berturut-turut.

Dalil pelaksanaan sholat jamak dijelaskan Nabi ﷺ dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhu: "Apabila dalam perjalanan, Rasulullah ﷺ menjamak sholat Zhuhur dengan Ashar serta Maghrib dengan Isya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Menjamak sholat hukumnya dibolehkan bagi orang-orang yang memenuhi syarat-syarat sebagai Musafir (dalam perjalanan) dengan jarak minimal 81 Km (kesepakatan mayoritas ulama).

Ustaz Yudi Yansyah menjelaskan, sholat jamak terbagi dua yaitu:

1. Jamak Takdim



Yaitu mengumpulkan dua sholat fardhu untuk dikerjakan bersama-sama pada waktu shalat yang pertama. Misalnya, Zhuhur dengan Ashar dilaksanakan pada waktu Zhuhur. Atau sholat Maghrib dengan Isya dikerjakan pada waktu Maghrib.

Syarat Jamak Takdim adalah:

1. Dimulai dari sholat yang pertama.

2. Niat jamak pada waktu sholat yang pertama.

3. Berturut-turut antara sholat pertama dengan sholat yang kedua.

4. Masih dalam perjalanan.

2. Jamak Takhir

Yaitu mengumpulkan dua sholat fardhu untuk dikerjakan secara bersama-sama pada waktu shalat yang kedua (terakhir). Misalnya, Zhuhur dengan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar. Maghrib dengan Isya dilaksanakan pada waktu Isya.

Syarat Jamak Takhir adalah:

1. Niat menjamak setelah tiba waktu shalat yang pertama.

2. Kedua shalat dikerjakan masih dalam perjalanan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَالَّذِيۡنَ هَادُوۡا وَالصَّابِئُونَ وَالنَّصٰرٰى مَنۡ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًـا فَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, Sabi'in dan orang-orang Nasrani, barangsiapa beriman kepada Allah, kepada hari kemudian, dan berbuat kebajikan, maka tidak ada rasa khawatir padanya dan mereka tidak bersedih hati.

(QS. Al-Maidah Ayat 69)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More