Gambaran Surga Menurut Al-Quran dan Hadis

Rabu, 04 Oktober 2023 - 12:43 WIB
Surga merupakan tempat abadi yang diciptakan Allah. Ilustrasi: Ist
Surga merupakan tempat abadi yang diciptakan Allah. Ini adalah tempat yang sangat indah dan penuh dengan kenikmatan yang tidak terbayangkan oleh manusia. Surga diperuntukkan bagi hamba-Nya yang beriman dan taat kepada segala perintah-Nya. Nama-nama surga di antaranya: Jannah, Firdaus, Ma’wa, Adn, Naim, (Dar) al-Qarar, al-Muttaqin, as-Salam, al-Muqamah, dan Maqam al-Amin.

Surga sebagaimana yang digambarkan dalam al-Quran Surat Muhammad ayat 15 berupa taman yang indah, sungai mengalir dari air susu, anggur, madu dan buah-buahan lainnya. Sedangkan dalam QS Zukhruf ayat 71 disebut, perkakas makan seperti piring dan gelas terbuat dari emas. Di sana juga banyak gedung-gedung pencakar yang tinggi ( QS Az-Zumar : 20).



Di surga nanti semua akan mendapatkan pasangan ( QS Al-Baqarah : 25), bersenang-senang dengan kegemaran masing-masing, duduk dengan istri di Sofa ( QS Yasin : 55-56). Tidak luput pula bujang-bujang muda berpakaian sutra hijau, gelang tangan dari perak, minuman bersih ( QS Al-Insan :19-21), gadis yang suci, sopan, matanya jelita ( QS Shaffat : 48-49). Bahkan di surga tidak ada kata-kata kotor, atau sia-sia ( QS Waqiah : 25-26)

Hadis yang diriwayatkan Muslim bahwa di surga nanti semua penghuninya akan tetap muda dan tidak akan menua selamanya, serta diberi kenikmatan sehingga tidak pernah menderita sakit selamanya. Allah SWT berfirman: “dan diserukan kepada mereka itulah surga yang telah diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan” ( QS Al-A’raf ayat 43).



Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
وَمَا مَنَعَهُمۡ اَنۡ تُقۡبَلَ مِنۡهُمۡ نَفَقٰتُهُمۡ اِلَّاۤ اَنَّهُمۡ كَفَرُوۡا بِاللّٰهِ وَبِرَسُوۡلِهٖ وَلَا يَاۡتُوۡنَ الصَّلٰوةَ اِلَّا وَهُمۡ كُسَالٰى وَلَا يُنۡفِقُوۡنَ اِلَّا وَهُمۡ كٰرِهُوۡنَ
Dan yang menghalang-halangi infak mereka untuk diterima adalah karena mereka kafir (ingkar) kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak melaksanakan shalat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menginfakkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan (terpaksa).

(QS. At-Taubah Ayat 54)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More