20 Bacaan Surat Pendek dalam Al-Qur’an, Mudah Dihafal dan Diajarkan

Minggu, 14 Januari 2024 - 05:15 WIB
Bacaan surat pendek dalam Al-Qur’an menjadi informasi penting untuk diketahui. Karena bacaannya yang tidak terlalu banyak, surat-surat ini bisa dengan mudah dihafal atau diajarkan kepada orang lain. Foto ilustrasi/ist
Bacaan surat pendek dalam Al-Qur’an menjadi informasi penting untuk diketahui. Karena bacaannya yang tidak terlalu banyak, surat-surat ini bisa dengan mudah dihafal atau diajarkan kepada orang lain.

Secara keseluruhan, Al-Qur’an terdiri atas 30 juz dan memiliki 144 surat di dalamnya. Bagi orang Muslim yang baru belajar membaca Al-Qur’an, mereka bisa memulainya dari bacaan-bacaan surat pendek.

Alasannya sederhana, yakni surat-surat tersebut tidak memiliki bacaan yang panjang dan banyak, sehingga nantinya akan lebih mudah dihafal. Berikut 20 bacaan surat pendek yang bisa digunakan untuk belajar membaca Al-Qur’an

Surat Pendek dalam Al-Qur’an

1. Al-Kautsar (3 ayat)

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ


Innaa a' thoinaakal kautsar.



Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ


Fa solli lirabbika wan har

Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ


Inna syaani 'aka huwal abtar.

Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus

2. Al-Asr (3 ayat)

وَالْعَصْرِۙ


Wal-'asr.

Demi masa

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ


Innal-insana lafi khusr

Sungguh, manusia berada dalam kerugian

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More