Amr bin Ash Bermarkas di Heliopolis: Siap Menyerang Pasukan Romawi di Benteng Babilon

Jum'at, 28 Juni 2024 - 21:44 WIB
Jumlah pasukan Romawi melebihi jumlah pasukan Muslimin. Perlengkapan perang mereka juga lebih baik. Atas dasar itu Romawi bertekad akan bertempur menghadapi pihak Arab, dan memutuskan akan berangkat ke Ain Syams untuk mengusirnya dari sana.

Sesudah Amr mengetahui rencana mereka, dia pun mengatur siasat untuk menghadapi dan menumpas mereka. Ia mengerahkan 500 orang malam hari ke balik bukit hingga memasuki gua Banu Wa'il di sebuah benteng bukit, dan 500 orang lagi di bawah pimpinan Kharijah bin Huzafah berangkat ke Umm Dunain sebelum subuh [di kawasan Azbakiah sekarang].

Kedua kelompok itu mendapat pasokan di bawah perintahnya. Setelah fajar menyingsing, dengan memimpin semua angkatan bersenjata itu ia berangkat ke Ain Syams hingga mencapai tempat Abbasiah yang sekarang. Di sanalah ia menunggu kedatangan pasukan Romawi dari benteng Babilon di Mesir Lama.

(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Manusia yang paling dibenci Allah adalah yang keras kepala dan suka membantah.

(HR. Bukhari No. 6651)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More