Assalamu'alaikum! Inilah Keutamaan Memberi Salam dan Menjawabnya

Senin, 24 Agustus 2020 - 07:01 WIB
Sahabat apabila bertemu selalu saling memberi salam satu sama lain. Masuk rumah berikan salam . Masuk kamar kasih salam . Nabi Muhammad bilang kepada Anas bin Malik, kalau kamu masuk rumah ketemu keluargamu beri salam jadi berkah yang ada di Rumah itu. Bertemu anak kecil memberi salam . Kepada orang tua memberi Salam .

Begitu juga memberi salam kepada wanita yang mahram sangat dianjurkan. Terhadap kaum non muslim, memberi salam di sini tidak dianjurkan. Namun, ada ulama yang membolehkan untuk menarik mereka kepada Islam. Artinya pendapat ulama ada banyak. Ahlul Kitab kalau memberi salam kepada kalian (kaum muslimin), maka jawablah dengan ucapan: "Wa 'Alaikum".

Demikian keutamaan memberi salam dan akhlak yang diajarkan Rasulullah SAW . Mudah-mudahan kita diberi taufik oleh Allah agar dapat menghidupkan sunnah-sunnah Nabi yang mulia. (Baca Juga: Sejarah Ucapan Salam Assalamu'alaikum dan Keutamaannya)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala dari kebajikan yang dikerjakannya dan dia mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya. Mereka berdoa, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

(QS. Al-Baqarah Ayat 286)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More