Perang Salib: Kerajaan Surga Yerusalem, Ketika Katolik Ingin Menyaingi Kejayaan Islam

Minggu, 18 Agustus 2024 - 19:48 WIB
Raja Konstantin menjadi raja di Kerajaan Byzantium sejak tahun 330. Agama Kristen sendiri mulai ia jadikan agama resmi menggantikan kepercayaan pagan Romawi pada tahun 313 di Milan. Wilayah Byzantium yang semakin luas pada tahun 550 di masa pemerintahan Raja Justinian membuat Kristen menyebar ke seluruh Eropa terutama di wilayah sekitar Laut Mediterania.

Wilayah pesisir Afrika dari Maghrib sampai Mesir, Syam hingga Anatolia, Andalusia hingga Yunani juga merupakan wilayah Kerajaan Byzantium. Kejayaan Byzantium atau Romawi Timur dipengaruhi runtuhnya pemerintahan Romawi Barat pada tahun 476.

Jati Pemungkas mengatakan jika dilihat dari sejarah arti pentingnya, tujuan Kerajaan Surga dibentuk di Yerusalem adalah untuk menyaingi kejayaan Islam.

Faktanya, Kerajaan Surga selesai pada tahun 1291 dengan ditaklukkannya Kerajaan Yerusalem oleh Dinasti Mamlukiah.

(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

(QS. Al-Baqarah Ayat 186)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More