Nasihat Rasulullah SAW kepada Ibnu Umar

Kamis, 07 Mei 2020 - 07:30 WIB
وعن أَبي الْعبَّاس قَالَ: جاءَ رجُلٌ إِلَى النبيِّ ﷺ فقالَ: يَا رسولَ اللَّه، دُلَّني عَلى عمَلٍ إِذا عَمِلْتُهُ أَحبَّني اللَّه، وَأَحبَّني النَّاسُ، فقال: ازْهَدْ في الدُّنيا يُحِبَّكَ اللَّه، وَازْهَدْ فِيمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحبَّكَ النَّاسُ.

Dari Ibnu Abbas, seorang lelaki mendatangi Nabi Saw seraya berkata: "Duhai Rasulullah, tunjukkan padaku suatu amal yang bila aku lakukan aku mendapatkan kecintaan Allah serta kecintaan manusia?"

Rasulullah SAW bersabda: "Zuhud lah terhadap dunia, niscaya engkau akan dicintai Allah. Zuhud lah terhadap manusia, niscaya engkau akan dicintai manusia."

Betapa waktu sangat singkat, tak sepanjang nafas yang bisa kita tarik atau nafas yang kita tahan untuk keluar. Bila saatnya tiba, maka ia tak dapat dimajukan atau dimundurkan sedetik pun juga. Dan, semua yang telah berlalu, tak akan mampu sedetik pun akan kembali.

Wallahu A'lam Bish Showab
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More