Kisah Sunan Gresik: Ketika Kakek Bantal Menaklukkan Dewa Hujan

Senin, 28 Desember 2020 - 14:05 WIB
Sunan Gresik tersenyum arif. Orang-orang desa itu telah manaruh simpati kepadanya. Rasa simpati itulah modal utama untuk memperkenalkan ajaran Islam kepada mereka.

“Kalau kalian ingin diajari cara minta hujan seperti tadi,” kata Sunan Gresik, “Maka kalian harus mengenal dan mempelajari dulu agama Islam. Maukah kalian?”

“Mauuuuuu ..! jawab para penduduk dengan serentak.

Demikianlah, selama beberapa hari Sunan Gresik tinggal di desa itu. Membimbing para penduduk desa untuk mempelajari agama Islam sesuai dengan tingkat pemahaman mereka selaku orang awam.

Selanjutnya Sunan Gresik meneruskan perjalanan pulang ke Gresik. Beliau telah menugaskan dua orang muridnya yang ahli dalam mengolah lahan pertanian dan bangunan untuk membimbing penduduk desa itu. Sehingga terbinalah iman dan taraf hidup penduduk desa itu.

Pada setiap desa yang dilaluinya Sunan Gresik selalu berbuat kebajikan. Jika dipandang perlu untuk menempatkan muridnya di desa yang disinggahi maka murid itupun ditugaskan untuk membimbing penduduk desa yang dilaluinya.

Demikian Lawrens Rasyidi menggambarkan cara Sunan Gresik berdakwah. Selain itu juga ada kisah pengusiran perampok di sekitar wilayah Gresik yang kemudian para perampok itu diajarkan salat taubat di pesantren beliau.

Perampok tersebut pada akhirnya terharu karena kebaikan beliau dan menyesal atas perbuatan yang telah dilakukannya selama ini. Iapun pada akhirnya mempelajari agama Islam di pesantren Syaikh Maulana Malik Ibrahim. ( )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

(QS. Al-Fatihah Ayat 5)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More