Ramadhan, Momentum Menundukkan Nafsu dan Menghidupkan Al-Qur'an

Jum'at, 16 April 2021 - 22:51 WIB
Ramadhan dijuluki sebagai bulan Al-Qur'an karena Al-Qur'an diturunkan di bulan ini. Siapa yang membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan berarti ia telah menghidupkan Ramadhan dan mengagungkannya melebihi bulan lain.

Untuk diketahui, beribadah fardhu (wajib) satu kali di bulan Ramadhan maka akan mendapat pahala sama dengan 70 kali beribadah fardu di luar bulan Ramadhan. Mengamalkan sunnah di bulan Ramadhan diberi pahala seperti amalan fardhu.

Membaca Al-Qur'an adalah sunnah yang sangat ditekankan. Banyak Hadis Nabi menerangkan keutamaan membaca Al-Qur'an. Salah satunya hadis yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi, Rasulullah bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah juga bersabda: "Orang yang paling baik di antara kamu ialah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya kepada orang lain". (HR. Al-Bukhari)

Dalam riwayat lain disebutkan, "Sesungguhnya Al-Qur'an dan puasa keduanya akan memintakan syafa'at untuk seorang hamba kelak di hadapan Allah. Kelak Al-Qur'an berkata: 'Aku telah mencegahnya tidur malam, maka berilah aku wewenang untuk mensyafa'atinya.' Puasa berkata: 'Aku mencegahnya makan di siang hari, maka berilah aku wewenang untuk mensyafa'atinya.' Maka keduanya pun diberi syafa'at."

Demikian nasihat tentang kemuliaan Ramadhan. Semoga Allah memberi kita taufik-Nya agar dapat menundukkan nafsu dan menghidupkan Al-Qur'an.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Dunia ibarat penjara orang-orang mukmin dan surganya orang-orang kafir.

(HR. Ibnu Majah No. 4103)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More