Amalan Idul Fitri, Pahalanya Bisa Seperti Jihad Perang Badar

Minggu, 24 Mei 2020 - 15:14 WIB
Di tempat terpisah, KH Miftah Maulana Habiburrahman ( Gus Miftah ) juga menyampaian pesan khusus untuk umat Islam dalam merayakan idul fitri di tengah pandemi Covid-19 .

Pengasuh pondok pesantren Ora AJi ini berharap masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri tetap menahan diri dan bersabar di tengah pandemi Covid-19.

Menahan diri khususnya untuk tetap di rumah dan tidak berkumpul dengan orang banyak jika tidak ada kepentingan mendesak dan selalu menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Gus Miftah berharap mudik tahun ini sebagai instropeksi diri mudik sesungguhnya kepada Allah SWT. Di tengah bencana corona ini umat harus terus mendekatkan diri dan mohon pertolongan kepada Sang Pencipta.

”Mudik lebaran setiap tahun selalu kita lewati dengan waktu yang pasti, tanggal dan bekal yang dibawa, namun kadang kita lupa bahwa hakekat mudik sesungguhnya kepada Allah apakah kita sudah siapkan bekalnya dan waktu yang tidak kita ketahui,” katanya.



Gus Miftah juga menambahkan umat Islam harus terus bersabar di tengah pandemi Covid-19 seperti sabarnya orang berpuasa menahan nafsu lapar dan haus.

”Orang berpuasa itu sabar karena yakin azan magrib bakal datang, sehingga dengan wabah ini kita sebagai orang beriman harus yakin pertolongan Allah bakal segera datang,” tegasnya.

Ujian pertama untuk umat Islam di tengah pandemi Covid-19 ini adalah menahan diri untuk tidak mudik guna mencegah semakin menyebarnya virus corona. Ujian selanjutnya adalah tidak memaksakan diri menggelar salat Idul Fitri berjamaah di masjid atau tanah lapang untuk wilayah berstatus merah pandemi Covid-19.

Setelah dua ujian di atas selanjutnya adalah pengendalian diri untuk sementara tidak melakukan silaturahim dari rumah ke rumah serta mencegah kontak fisik saling berjabat tangan, lantaran berpotensi jadi media penularan corona. Solusinya mengganti silaturahim konvensional dengan silaturahim virtual. ( )
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More